​Gubernur Khofifah Ambil Tanah dan Air di Mojokerto untuk Dibawa ke IKN Hari Ini

​Gubernur Khofifah Ambil Tanah dan Air di Mojokerto untuk Dibawa ke IKN Hari Ini Pengambilan sumber mata air panguripan Situs Kedaton, Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengambil sumber mata air panguripan Sumur Upas (Candi Kedaton) yang terletak di Dusun Kedaton Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (12/3/2022).

"Kami diminta Presiden Joko Widodo untuk bersama-sama 33 Gubernur se-Indonesia menyerahkan tanah dan air untuk di bawa ke IKN (). Air dan tanah akan dibawa ke IKN besok Minggu (13/3/2022), " ungkap Khofifah pada awak media.

Sebelum mengambil air dan tanah, Gubernur sudah bertemu dengan tim yang selama ini melakukan kajian tentang Majapahit untuk membicarakan sejumlah titik sumber mata air Panguripan di Mojokerto yang akan diambil airnya. Gubernur seluruh Indonesia akan bertandang ke IKN di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Pasir Utara (PPU) Penajam Paser Utara, Kaltim.

Menurut Mantan Menteri Sosial RI ini, pemberian nama ibu kota nasional yang baru, yakni, Nusantara, sangat cocok dengan Majapahit. Begitu pun dengan Bhineka Tunggal Ika. Gubernur berharap, tanah dan air bumi Majapahit menjadi warna kuat yang akan diletakkan di IKN Nusantara.

“Nusantara memiliki nilai spirit sendiri bagi kita. Dulu, patih Gajah Mada bersumpah untuk menyatukan Nusantara. Dan literatur tentang itu sangat kuat, " ucapnya.

Setelah berkonsultasi dengan beberapa pakar di Mojokerto, Gubernur memutuskan untuk mengambil air dan tanah penguripan Sumur Upas.

"Berapa titik yang sebetulnya yang akan kita ambil, kalau tanah itu di titik tanah yang mana. Sehingga yang menjadi warna kuatnya IKN adalah tanah dan air dari bumi Majapahit, itu adalah Mojokerto,” ungkapnya.

Setelah mengambil air dan tanah di Situs Sumur Panguripan, Gubernur mengambil tanah di Situs Kumitir. Dalam kesempatan tersebut, Khofifah didampingi Ikfina Fahmawati dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

"Ya, hari ini kami mengambil tanah di situs kumitir, yang merupakan kerajaan bagian timur Mojokerto," pungkas Gubernur. (ris/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO