Jelang Pilkades Serentak, Polres Gresik Tingkatkan Kemampuan Pengendalian Massa

Jelang Pilkades Serentak, Polres Gresik Tingkatkan Kemampuan Pengendalian Massa Personel Polres Gresik ketika latihan pengendalian massa jelang Pilkades serentak 26 Maret 2022. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres Gresik memberi pembekalan pengendalian massa (Dalmas) kepada personel polsek jajaran di halaman , Jumat (18/3). Hal ini dilakukan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa () serentak pada 47 desa di 18 kecamatan se-Kabupaten Gresik yang digelar pada 26 Maret 2022.

, , membenarkan agenda tersebut. Ia mengatakan bahwa Dalmas adalah kegiatan kepolisian yang dilakukan demi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami sengaja memberikan pelatihan Dalmas awal kepada personel polres dan polsek jajaran yang tergabung dalam Kompi Dalmas kerangka. Sebanyak 213 personel gabungan rayon selatan, rayon barat, rayon tengah dan rayon utara melakukan latihan Dalmas di halaman untuk songsong serentak di 47 desa," ujarnya didampingi Kasat Samapta, AKP Herry Moeriyanto.

Menurut Azis, pembekalan Dalmas bertujuan memberi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terhadap sekelompok masyarakat yang sedang menyampaikan pendapat di depan umum guna mencegah masuknya provokasi. Dalam menjaga aksi massa, puluhan Srikandi Polres Gresik menempati barisan depan sebagai negosiator dan jika terjadi deadlock, formasi tangan berkait personel polisi laki-laki (Polki) dan tali Dalmas akan meredam aksi anarkis.

"Hingga penggunaan tameng Dalmas dan water cannon apabila terjadi peningkatan eskalasi," kata Azis.

Kendati demikian, ia berharap situasi Kamtibmas saat Serentak di Kabupaten Gresik tetap terjaga, aman, dan kondusif. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO