Hadiri Pelantikan Karang Taruna Menganti, Bupati Gresik Ajak Bangkitkan UMKM

Hadiri Pelantikan Karang Taruna Menganti, Bupati Gresik Ajak Bangkitkan UMKM Bupati Fandi Akhmad Yani menyerahkan potongan tumpeng saat menghadiri pelantikan Karang Taruna di Kecamatan Menganti. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - menghadiri pelantikan pengurus Kecamatan Menganti periode 2022 - 2027 di pendopo Kecamatan Menganti, Sabtu (19/3/2022).

"Potret Gresik ke depan dilihat dari sumber daya manusia. Salah satunya adalah peran pemuda masa kini atau disebut dengan generasi milenial. Salah satu variabel dari potret Kabupaten Gresik adalah ," katanya saat memberikan sambutan.

Ia menuturkan, bahwa pemuda memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi. Untuk itu, ia mengajak karang taruna untuk dapat ambil bagian dalam membangkitkan UMKM di wilayahnya masing-masing.

"Kita masih punya banyak PR, kita punya kewajiban pasca pandemi dalam bentuk pemulihan ekonomi. Ayo bareng-bareng kita bangkitkan UMKM," ajaknya.

"Kita cari UMKM untuk di-support, kita kenalkan pasar mereka," imbuhnya.

Ke depan, ia akan membuat perizinan UMKM bisa selesai di kecamatan. Dengan begitu, akan lebih efisien.

"Jadi produk UMKM yang belum berizin, cukup diselesaikan di kecamatan. Tunggu apa lagi, ayo bareng-bareng bangkitkan UMKM di desa, tunjukkan peran kalian sebagai karang taruna yang tangguh," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan akan peredaran narkoba yang cukup tinggi. Kata dia, narkoba adalah satu penyebab hancurnya bangsa.

Bupati juga mengajak pemuda bisa beradaptasi di era transformasi digital yang penuh tantangan. "Tantangan ini yang menjadikan diri kita agar adaptasi. Jangan pernah menjauh dari teknologi. Peluang terbuka lebar, tinggal kita dituntut kaya inovasi," bebernya.

"Peran karang taruna harus bisa menjadi orkestra seluruh bidang, melakukan kaderisasi dengan sering turun ke desa untuk bangkitkan semangat karang taruna di desa-desa," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO