Permudah Pengobatan untuk Manula, RSUD Grati Launching Paguyuban Lansia Sister Peri

Permudah Pengobatan untuk Manula, RSUD Grati Launching Paguyuban Lansia Sister Peri Gebyar paguyuban lansia (lanjut usia) sekaligus launching program inovasi RSUD Grati bernama 'Sister Peri'.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pasuruan, , membuka acara gebyar paguyuban lansia (lanjut usia), Jumat (25/3) lalu. Dalam acara itu, ia sekaligus me-launching program inovasi bernama ''.

merupakan singkatan dari sistem terpadu pelayanan geriatri yang diperuntukkan bagi masyarakat usia di atas 60 tahun (lansia).

Melalui , menyiapkan mobil layanan penjemputan bagi pasien lansia yang tidak terjangkau layanan kesehatan. Melalui program itu, lansia akan dijemput petugas untuk mendapatkan pengobatan.

Ada sebanyak 70 orang lansia yang hadir di acara pengukuhan paguyuban itu. Paguyuban lansia sengaja dibentuk guna mempermudah kontrol kesehatan, sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

"Paguyuban lansia bermanfaat saat mau check up kesehatan. Pelayanan bagi lansia yang berobat ke datang, duduk, daftar pakai WA. Perawat dan dokter datang ke pasien sakit ringan, (beri) obat, datang, pulang," ujar Lulis.

Sementara bagi pasien yang mengalami sakit agak berat, bisa rawat inap. "Megahnya rumah sakit ini untuk pasien agar sembuh dan sehat. Kamar yang disediakan meski nyaman, tapi mereka tidak akan betah nginap lama," imbuhnya.

Sementara Direktur Drg. Retno Lestari mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan mengikuti perkembangan zaman. "Misalnya, pengambilan obat pasen tidak perlu beranjak kaki. Datang, duduk, terima," ucapnya.

" saat ini sudah tipe C. Naiknya tipe itu seiring dengan baiknya tingkat pelayanan dan manajemen," ujar Retno.

Menutup acara, para lansia diajak senam kesehatan. Mereka tampak antusias mengikuti gerakan dari instruktur. "Untuk ketahanan tubuh agar tetap sehat, usahakan senam dilakukan tiap hari," tukas Retno. (adv/ard/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO