Satgas Saber Pungli Pusat Gelar Sosialisasi dan Edukasi di Jember

Satgas Saber Pungli Pusat Gelar Sosialisasi dan Edukasi di Jember Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat, Irjen Pol Agung Makbul, saat menghadiri sosialisasi dan edukasi di Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber ) Pusat menggelar sosialisasi dan edukasi soal Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber  kepada seluruh pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

Sekretaris Satgas Saber Pusat, , mengatakan bahwa agenda ini dilakukan untuk mencegah potensi tindak pidana pungli di pemerintahan yang dipimpin itu.

"Kami datang ke Jember memberikan sosialisasi kepada seluruh pejabat dan karyawan yang ada di jajaran Pemkab Jember, sehingga adanya atensi bagi mereka," ujarnya saat memberikan sosialisasi di Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu (30/3/2022).

"Adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum ini hampir merata di setiap daerah yang ada di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, kami turun langsung untuk memberikan sosialisasi dan edukasi," tuturnya menambahkan.

Presiden, kata Agung, bakal murka apabila pungli masih dilakukan karena hal tersebut menjadi tanggung jawab dan atensi pemerintah. Menurut dia, pungutan liar merusak tatanan kehidupan masyarakat.

"Ya, pak presiden menyampaikan kepada kami di suatu kesempatan akan menindak tegas bagi oknum yang terbukti bersalah, yakni pemberhentian dan pidana," ungkapnya.

Langkah ini, lanjut Agung, sebagai tindakan preventif agar bisa membawa pelayanan publik ke arah zona integritas dan wilayah bebas pungli. Ia menyebut, proses pengadaan barang dan jasa juga berpotensi menimbulkan pungli. 

"Ya potensi lain ada, yakni pengadaan barang dan jasa, ini potensinya (pungli) ada, maka harus dilakukan pengawasan serta dijalankan on the track," kata Agung. (Yud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sidak Disdukcapil, Wali Kota Bitung: Jangan Pungli-Pungli, Berdosa':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO