​Bupati Kediri Minta PDAM Layani Air Bersih di Bandara

​Bupati Kediri Minta PDAM Layani Air Bersih di Bandara Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana (kanan), saat menggelar rapat bersama Direktur PT Surya Dhoho Investama, Maksin Arisandi. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Seiring rencana operasional di Kecamatan Grogol pada pertengahan 2023, Bupati Hanindhito Himawan Pramana mendorong supaya perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat dapat menjadi pemasok kebutuhan air bersih di sana.

"Pengelolaan air bersih bandara, harapan kami ini nanti bisa dirembuk. Kita telah merestruktur PDAM dan InsyaAllah dapat bekerja dengan akselerasi yang cepat," kata Bupati Kediri, Kamis (7/4/2022).

Untuk mendukung operasional bandara, bupati yang karib disapa Dhito itu meminta peningkatan jaringan pipa air bersih di sebelah barat agar bisa menjangkau sampai ke bandara. Dalam hal ini, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Kediri yang mengurusi pengelolaan air minum diharapkan dapat berkoordinasi dengan PDAM.

"Kita minta perkim dan PDAM dapat berdiskusi dengan PT SDHI untuk pengelolaan air bersihnya," tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kediri, Moch Salehudin, menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan PDAM terkait rencana penyertaan modal. Ia mengatakan bahwa ada wilayah yang menjadi prioritas pengembangan jaringan, terutama bagian barat sungai.

"Harapannya PDAM ke depan dapat meng-cover kebutuhan air bersih bandara, tentunya ini dapat meningkatkan pendapatan sesuai visi misi mas bup yakni optimalisasi perusahaan daerah," kata Salehudin.

Direktur (SDHI), Maksin Arisandi, menyampaikan kebutuhan air bersih bersih di bandara yakni 1.000 meter kubik per hari. Jumlah tersebut sudah termasuk untuk cadangan pemadam kebakaran (PMK) di .

"Terkait yang disampaikan mas bup terkait perombakan di PDAM kami akan menyesuaikan. Terkait teknis pemenuhan air bersih akan seperti apa kami akan ngikut," ucap Maksin. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO