Dishub Kota Mojokerto Siapkan Skenario untuk Atasi Kemacetan saat Lebaran

Dishub Kota Mojokerto Siapkan Skenario untuk Atasi Kemacetan saat Lebaran Simulasi rekayasa lalu lintas di dalam Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto menyiapkan setidaknya tiga skenario lalu lintas untuk mengurai penumpukan kendaraan selama mudik dan balik . Instansi ini juga bakal menerjunkan sejumlah personel pengamanan yang ditempatkan pada lima pos pengamanan dan pelayanan.

"Kita menerjunkan 20 personel. Mereka akan ditempatkan di lima pos pam dan yan alun-alun, pos pam stasiun, Sunrise, Sekarputih dan Terminal Kertajaya," kata , , didampingi Kabid Pengendalian Operasional dan Perparkiran Dishub Kota Mojokerto, Robik S, di kantornya, Kamis (21/4/2022).

Untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota, pihaknya berencana menerapkan satu jalur. Simulasi yang direncanakan adalah satu jalur di Jalan Bhayangkara. "Sebagai antisipasi lonjakan arus lalu lintas puncak lebaran," imbuhnya sembari mengatakan simulasi rekayasa lalu lintas satu jalur juga dimungkinkan diterapkan di by pass.

Tak hanya itu, lanjut Agus, Dishub Kota Mojokerto juga akan mengerahkan sejumlah kendaraan patwal sebagai sarana penunjang. Di lapangan, prasarana yang disiapkan yakni 20 unit kerucut lalu lintas dan 15 barikade serta waterblock.

"Sarana yang disiapkan Dinas Perhubungan dalam pelaksanaan pengamanan Angkutan Lebaran Tahun 2022 (1443 H) meliputi kendaraan roda empat Patwal dan Pengawasan sebanyak 1 unit, kendaraan roda dua Patwal sebanyak 2 unit dan 1 unit roda 4 pengangkut prasarana," ujarnya. 

Berikut rekayasa lalu lintas yang bakal diterapkan (Surabaya ke Jombang):

Semua kendaraan dari arah Surabaya dilewatkan melalui Jalan By Pass. Mertex- Jalan By Pass Sekarputih-belok Kanan Jalan Empunala-Belok kiri Jalan Gajahmada-Jalan Pahlawan-belok kanan Jalan R Wijaya-Jalan Mojopahit Selatan-Simpang 3 Penarip Belok Kiri-Jalan RA Basuni, Sooko-keluar di Simpang 3 Jampirogo, Sooko lurus ke arah Jombang;

Alternatif selanjutnya adalah semua kendaraan dari arah Surabaya (timur) dibelokkan ke Simpang 3 Tarik, Sidoarjo (belok kanan)-belok ke kiri Simpang 3 Mlirip (Rolak 3)-Jalan Raya Mlirip (Ajinomoto)-Jalan Raya Lespadangan-Jalan Raya Mantren-Jalan Raya Gedeg (Belok Kekiri)-Jalan Raya PG Gempol Kerep-menuju Tapen Ploso Jombang.

Dishub Kota Mojokerto juga merencanakan contra flow. Kendaraan dari Surabaya ke arah Jombang dilewatkan melalui Jalan By Pass, tidak ada kendaraan dari Surabaya ke Jombang yang masuk ke dalam Kota Mojokerto melalui Simpang 4 Sekarputih, Simpang 4 Mlirip, dan Simpang 3 Tarik Sidoarjo. (yep/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO