Jelang Idulfitri 2022, Bupati Jember dan Wakilnya Tinjau Harga Kebutuhan Pokok

Jelang Idulfitri 2022, Bupati Jember dan Wakilnya Tinjau Harga Kebutuhan Pokok Bupati Jember, Hendy Siswanto, dan wakilnya, Balya Firjaun Barlaman, saat mengunjungi Pasar Tanjung.

JEMBER, BANGSAONLINE.com , , dan wakilnya, , mengunjungi Pasar Tanjung dalam rangka evaluasi harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya , Senin (25/4/2022).  berujar, harga kebutuhan pokok terdapat kenaikan namun masih normal dibandingkan Idulfitri sebelum pandemi Covid-19.

“Ternyata kondisi di lapangan ada kenaikan tapi masih normal, kalau dibandingkan di tahun yang sama sebelum Covid-19 ya,” ujarnya sembari menjelaskan bahwa saat ini kasus Covid-19 sudah melandai, sehingga kenaikan harga yang terjadi di lapangan dapat dikatakan normal karena jumlah pembelian yang tinggi.

“Artinya ya head to head ini naiknya sangat sedikit, jadi bisa dikatakan normal karena memang pembeliannya tinggi," imbuhnya.

Ia juga membandingkan kondisi menjelang hari raya saat Covid-19 masih tinggi dengan kondisi tahun ini, serta memberi contoh harga barang di pasar. Di masa yang sama, saat H-7 Idul Fitri di dua tahun kemarin harga cabai bisa mencapai Rp50 ribu-60 ribu per kg dan harga cabai kini masih Rp28 ribu per kg.

Begitupula dengan harga minyak yang belakangan ini heboh naik secara drastis. Namun, Hendy menyatakan terdapat penetrasi pasar yang sudah dilakukan oleh PT Rajawali untuk ketersediaan minyak goreng dan juga program pasar murah di 3 titik lokasi, yakni di Jember Berbagi, Pasar Murah, dan pasar-pasar tradisional.

“Ada 3 titik lokasi yang kita serang bersama-sama ini mau menjelang Idul Fitri, di Jember Berbagi, di Pasar Murah, dan di pasar-pasar tradisional, itu ada semua minyaknya," kata .

Ia mengungkapkan, harga minyak goreng curah dari PT Rajawali yang dijual di Pasar Tanjung dibanderol dengan harga normal, Rp14.500,00. Sedangkan di program pasar murah buatannya seharga Rp14 ribu dan Rp15 ribu per kg.

Lebih lanjut Hendy menyampaikan seputar ketersediaan daging, seperti ayam dan sapi, menurutnya, stok di lapangan masih banyak dan harga ayam hanya naik sedikit. “Ayam juga sama, ayam naik sedikit-dikit, intinya sama normal,” pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO