Demokrat Gresik Buka Penjaringan Calon Ketua untuk Umum

Demokrat Gresik Buka Penjaringan Calon Ketua untuk Umum Eddy Santoso, Ketua DPC Demokrat Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang pelaksanaan musyawarah cabang (muscab) pada bulan Juni mendatang, DPC Gresik membuka penjaringan bakal calon ketua. Pendaftar bisa dari internal (kader), maupun masyarakat umum (nonkader).

"Mulai hari ini, 25 Mei, kami membuka penjaringan untuk Calon Ketua Gresik. Berlaku untuk kader dan masyarakat umum," ucap Ketua Gresik, , kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (25/5/2022).

Menurut Eddy, syarat untuk maju sebagai calon ketua DPC minimal harus mendapatkan 20 persen dukungan dari pimpinan anak cabang (PAC) selaku pemilik suara. Hal ini sesuai dengan peraturan organisasi (PO), juklak (petunjuk pelaksana), maupun juknis (petunjuk teknis) yang dibuat DPP.

"Jadi, siapa pun yang dapat dukungan minimal 20 persen PAC, bisa maju," tegas Ketua Fraksi DPRD Gresik ini.

Eddy menyebutkan, bahwa di Gresik ada 18 PAC. Yaitu PAC Gresik, Kebomas, Duduksampeyan, Cerme, Benjeng, Balongpanggang, Kedamean, Menganti, Driyorejo, Wringinanom, Manyar, Bungah, Sidayu, Ujungpangkah, Dukun, Panceng, Sangkapura, dan Tambak.

Dengan demikian, bakal calon harus mengantongi dukungan minimal 4 PAC.

Ia menambahkan, penjaringan calon ketua dibuka untuk umum karena semua masyarakat berhak untuk memimpin dan memajukan Gresik.

"Tentu yang lolos penjaringan nanti ada uji kelayakan dan kepatutan siap membesarkan dan memajukan partai," tutupnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO