Songsong Pilkades Serentak, Pemkab Blitar Godok Perbup

Songsong Pilkades Serentak, Pemkab Blitar Godok Perbup Kepala DPMD Kabupaten Blitar, Rully Wahyu.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemilihan kepala desa () serentak akan segera digelar di Kabupaten . Ada 22 desa di 16 kecamatan yang akan menggelar pesta demokrasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten , Rully Wahyu, menyebut berdasarkan hitung-hitungan terkait masa habis jabatan kepala desa, estimasi waktu pemungutan suara akan dilakukan pada minggu ketiga atau keempat Desember 2022.

"Kalau ditarik mundur, Juni ini sudah harus mulai persiapan. Banyak tahapan yang akan dilakukan. Nanti waktu pelaksanaannya juga akan ada penetapan dari Bupati ," ujarnya, Minggu (5/6/2022).

Menyikapi hal tersebut, Pemkab kini tengah menggodok Peraturan Bupati (Perbup) tentang serentak di masa Pandemi Covid-19. Rully menargetkan, pada bulan Juni ini regulasi masuk dalam tahap finalisasi.

"Itu yang sedang kita kaji. Bulan ini ditarget selesai. Sambil menyiapkan administrasi untuk Desk . Jadi bulan depan SK Desk tahun 2022 dari Bupati juga akan rampung," tuturnya.

Ia menambahkan, serentak tahun ini disiapkan anggaran hingga Rp1 miliar. Pedanaan yang bersumber dari APBD itu akan digunakan untuk kebutuhan pendampingan, fasilitasi, serta Desk .

"Selain itu kan ada juga anggaran dari APBDes. Itu nanti direncanakan untuk persiapan serentak di desa tersebut. Diantara 22 desa yang akan menggelar , yaitu Karanggondang, Wonorejo, Maron, Plandirejo, Gembongan, Bacem, Bendo, Sanankulon, Bendowulung, Bangsri, dan lain-lain," paparnya. (ina/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO