Festival Peduli Sampah Nasional, Smelting Pamerkan Program ini

Festival Peduli Sampah Nasional, Smelting Pamerkan Program ini Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting, Irjuniawan P Radjamin, didampingi Specialist Business Development, Yoshiyuki Minami (dua dari kanan), dan Senior Manager General Affairs, Saptohadi Prayetno, (kiri) saat di stan PT Smelting di ajang pameran Pengelolaan Sampah di Kementerian KLHK. foto: ist.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - PT turut berpartisipasi dalam kegiatan Festival Peduli Sampah Nasional, Expo, dan Forum dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Kegiatan yang digelar mulai 14-17 Juni 2022, di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), , ini mengusung tema 'Satu Bumi untuk Masa Depan'.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT , Irjuniawan P Radjamin, mengatakan bahwa pihaknya mendukung upaya dan program pemerintah dalam mengurangi sampah di pabrik, termasuk mendorong komunitas masyarakat mengurangi sampah domestik. Menurut dia, pengurangan sampah tidak hanya sekedar mengurangi secara fisik, namun juga menjadikannya bernilai ekonomis bagi warga sekitar pabrik, salah satunya dengan mengolah sampah menjadi dan di luar Gresik, tepatnya di Sukabumi mengolah sampah menjadi energi.

"Kami juga melakukan pembinaan kepada masyarakat dengan program pemberdayaan seperti membantu melatih UMKM memproduksi makanan kecil dan produk kopi, batik ecoprint, kerajinan bambu baik di Kabupaten Gresik maupun di Kabupaten Kadudampit Sukabumi," ujarnya didampingi Senior Manager General Affairs, Saptohadi Prayetno, Rabu (15/6/2022)

"Pola pembinaan UMKM memang tidak hanya dilakukan di ring 1 hingga ring 3, namun secara nasional di Indonesia. Ini sesuai filosofi perusahaan untuk setiap orang, masyarakat dan bumi," imbuhnya.

Selama 2 hari pameran, antusiasme masyarakat mengunjungi stand PT cukup membanggakan. Pengunjung tertarik dengan program pengelolaan sampah serta inovasi pembuatan eco enzim yang dikelola oleh komunitas masyarakat di Gresik, sehingga memiliki nilai ekonomis apabila dikelola dengan baik.

"Inovasi ini juga yang kami angkat dalam forum talk show. Kami mengangkat tema pengolahan sampah berbasis komunitas masyarakat di Sukabumi dan pengolahan sampah menjadi di komunitas masyarakat sekitar Kabupaten Gresik. Ini merupakan upaya PTS untuk mendorong masyarakat mengolah dan memanfaatkan sampah yang memiliki manfaat ekonomi dan manfaat sosial lainnya," pungkasnya.

Sejumlah inovasi dan program pengelolaan sampah yang dilaksanakan PT dipamerkan dan dipadukan dengan forum talk show. PT menampilkan upaya pengurangan sampah di internal pabrik melalui program 3R sebagai komitmen perusahaan sebagai pendukung program PROPER. (hud/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pencuri Handphone di Konter Pulsa Tanjung Priok Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO