Nasdem Umumkan Capres Besok Malam, Ini 25 Nama Kandidatnya

Nasdem Umumkan Capres Besok Malam, Ini 25 Nama Kandidatnya Surya Paloh. Foto: medco.id/fachri

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Calon Presiden (Capres) pilihan Partai akan diumumkan besok malam. Setidaknya, itulah janji Ketua Umum Partai .

“Besok malam akan diumumkan siapa saja (3 nama hasil rakernas)," kata usai menghadiri seminar kebangsaan dalam rangkaian acara Rakernas Partai Nasdem, di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

mengatakan bahwa akan memperhatikan berbagai aspek dari bakal capres yang diusulkan DPW. Termasuk, kualitas dan leadership dari bakal capres tersebut.

"Lalu saya pikirkan apa yang positif. Next time ada semacam perspektif yang lebih luas. dari diskusi Nasdem memberikan penekanan aspek kualitas dan responsibility dan leadership yang mumpuni,” kata dilansir BeritaSatu.com.

Ia yakin bakal mendapatkan calon presiden yang terbaik dari calon yang baik-baik. Ia mengaku akan terus merenung, berkontemplasi, harus berbicara dengan bahasa dan hati nurani yang paling dalam, haru menggunakan tingkat obyektivitas dan rasionalitas yang ia miliki.

“Kita akan memilih yang terbaik, insyaallah kita yang kan menentukan masa depan bangsa ini dengan niat baik kita,” kata dikutip Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai yang diikuti DPP dan 34 DPW seluruh Indonesia mengusulkan calon presiden dan calon wakil presiden secara terbuka. Ada 25 nama tokoh nasional yang diusulkan oleh 34 DPW Nasdem seluruh Indonesia.

Namun yang paling banyak mendapat rekomendasi adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Anies mendapat dukungan 32 DPW Nasdem. Sedangkan Ganjar mendapat 29 dukungan DPW.

Tapi Ganjar langsung menolak dicapreskan Nasdem. “Saya terima kasih mendapat kehormatan itu, tapi saya PDI Perjuangan,” kata Ganjar kepada detik.com di lokasi Sekolah PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Menurut , meski Anies dan Ganjar mendapat dukungan terbanyak, tapi belum tentu terpilih sebagai Capres Nasdem.

"Belum tentu (terpilih). Karena pada dasarnya pembobotan yang kita lakukan itu sama, siapapun itu," kata Paloh dikutip detik.com.

Inilah daftar calon presiden yang diusulkan DPW Nasdem:

1. Anies Baswedan: 32

2. Ganjar Pranowo: 29

3. Erick Thohir: 16

4. Rachmat Gobel: 14

5. Andika Perkasa: 13

6. Syahrul Yasin Limpo: 7

7. Lestari Moerdijat: 6

Simak berita selengkapnya ...