Hari Kartini, Sekretaris DPRD Lamongan Ingatkan akan Pentingnya Kodrat Wanita

Hari Kartini, Sekretaris DPRD Lamongan Ingatkan akan Pentingnya Kodrat Wanita Sekkab Yuhronur Effendi menerima cindera mata dari sekwan, Sulastri usai upacara kartini dan PNS dilingkungan Pemkab. (Haris/BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kaum wanita Indonesia saat ini sudah diberikan hak yang sama sebagaimana kaum laki-laki. Seperti di pemerintahan, wanita juga mendapatkan gaji dan peluang karir yang sama. Namun terkadang hak yang sama itu menjadi kebablasan sehingga seakan melepaskan mereka dari kodrat sebagai wanita.

Kritikan itu dilontarkan oleh Sekretaris DPRD Lamongan Sulastri saat memimpin apel pagi di halaman kompleks perkantoran Pemkab Lamongan, Selasa (21/4). Pagi itu sendiri menjadi hari yang berbeda bagi abdi Negara di Pemkab Lamongan.

Sekkab Yuhronur Efendi dalam surat edarannya mewajibkan pegawai wanita untuk mengenakan kebaya. Sementara pegawai laki-laki mengenakan batik. Termasuk untuk satuan kerja yang memberikan pelayanan seperti Badan Penanaman Modal dan Perijinan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar juga mengenakan seragam kebaya bagi pegawai wanita.

Sulastri dalam pesannya kepada peserta apel sempat membacakan biografi singkat dari R.A. Kartini yang menginspirasi banyak kaumnya sehingga mau maju. Bagaimana Kartini dalam usianya yang masih belasan dan bahkan saat sudah menikah terus memiliki keinginan kuat agar kaum wanita memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki kala itu.

Lebih lanjut dikatakan olehnya, kaum wanita Indonesia saat ini sudah diberikan hak yang sama dengan kaum laki-laki. Dia kemudian mencontohkan adanya persamaan hak atas gaji dan peluang karir di Pemkab Lamongan.

“Meski saat ini sudah ada persamaan hak, namun terkadang itu digunakan hingga kebablasan. Saya mengajak kaum hawa agar tidak melupakan kodratnya sebagai wanita, “ pesan dia.

“Yakni menjadi tauladan dan mendidik anak-anaknya menjadi generasi yang soleh dan solehah, menjadi isteri yang terbaik bagi suami yang dicintainya. Tegaknya pembangunan berada di tangan wanita dengan menyiapkan generasi mendatang yang soleh dan solehah, “ imbuh dia.

Yuhronur Effendi dikonfirmasi terpisah menyebutkan sengaja menjadikan momen sebagai momen yang istimewa dengan mewajibkan mengenakan kebaya bagi pegawai perempuan. Termasuk pegawai di pelayanan rumah sakit, Badan Penanaman Modal dan Perijinan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Karena Kartini menurut dia telah menginspirasi semua orang sehingga perempuan saat ini bisa berkiprah.” Tandasnya .

Peringatan hari Kartini dilingkungan Pemkab.Lamongan ditandai dengan apel dihalaman pemkab dengan perangkat mulai dari perangkat upacara dari kalangan wanita yang menggenakan kebaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO