Tambah Sekolah Inklusi, Wali Kota Kediri Letakkan Batu Pertama Pembangunan SMPN 9

Tambah Sekolah Inklusi, Wali Kota Kediri Letakkan Batu Pertama Pembangunan SMPN 9 Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat memberi sambutan. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri terus menunjukkan komitmen terhadap dunia pendidikan. Kali ini, Wali Kota meresmikan pembangunan SMP Negeri 9 Kediri yang ditandai dengan peletakan batu pertama, Selasa (19/7/2022). 

Menurutnya, pemkot sangat memperhatikan pendidikan untuk mendongkrak pertumbuhan, terutama dalam meningkatkan human development index. "Supaya kita tidak tertinggal dari pembangunan yang ada di Kediri raya ini," ujarnya.

Wali kota yang karib disapa Mas Abu tersebut mengatakan, SMPN 9 yang berada di Lingkungan Dadapan, Kelurahan Tinalan, tersebut menambah sekolah inklusi di Kota Kediri. Sebelumnya, sudah ada SMPN 1, SMPN 5, dan SMPN 8 sebagai sekolah inklusi. Artinya, sekolah tersebut juga bisa menampung anak berkebutuhan khusus.

Saat ini SMPN terbanyak berada di Kecamatan Kota dengan jumlah 4 sekolah. Sementara di Kecamatan Mojoroto ada 3 sekolah, sedangkan di hanya memiliki 1 SMPN yakni, SMPN 5 yang hanya bisa menampung sekitar 340 peserta didik baru.

Karena itu, pemkot berinisiatif membangun SMPN baru di untuk menampung jumlah lulusan SD di wilayah tersebut yang mencapai 1.300 anak.

“Kita berikhtiar ingin meningkatkan layanan pendidikan di Kota Kediri yang unggul. Mudah-mudahan dengan dibangunnya SMPN 9 ini bisa mengurangi disparitas layanan pendidikan yang ada di . Siswa dari wilayah bisa memilih ke SMPN 5 atau SMPN 9 bila memilih jalur zonasi,” ungkapnya.

SMPN 9 sendiri sejatinya sudah menerima siswa baru dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Untuk sementara ada 150 siswa yang dibagi ke dalam 5 kelas dan dititipkan di .

“Pembangunan SMPN 9 ini dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama ditargetkan selesai pada tahun 2022 ini. Nanti tahun depan kita akan bangun lagi. Fasilitas yang ada di SMPN 9 ini nanti komplit. Kita buat lebih oke dan ada metode baru. Semoga bisa jadi salah satu sekolah unggulan di Kota Kediri,” harapnya.

Dalam acara ini, juga memberikan santunan kepada 10 anak yatim.

Turut hadir, Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Inf Rully Eko Suryawan, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Anggota DPRD Ahmad Abdul Muqtadir, perwakilan Polres Kediri Kota, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Kediri, perwakilan PN Kota Kediri, kepala OPD terkait, Forkopimcam Pesantren, perwakilan dari PT. Pilar Biru Safir, dan tamu undangan lainnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO