Google Doodle Tampilkan Mangkok Bergambar Ayam Jago, Ada Apa?​

Google Doodle Tampilkan Mangkok Bergambar Ayam Jago, Ada Apa?​ Tangkapan layar google doodle bergambar ayam jago, Senin (12/9/2022)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketika melakukan pencarian di google hari ini, Senin (12/9/2022), apakah melihat sebuah gambar mangkok bakso bergambar ayam jago dan bunga peony serta lengkap dengan daun pisangnya? ya, itu adalah tema google  hari ini.

hal itu dilakukan oleh pihak Google, untuk merayakan mangkok Lampang yang ikonik.

"Peralatan dapur tahan lama ini amat populer di Asia, sehingga Pemerintah Thailand mendaftarkannya sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini pada tahun 2013," tulis Google.

Dengan didaftarkannya mangkuk tersebut, maka hukum perdagangan internasional mengakui kualitas dan reputasi ikon itu.

Mangkok ayam jago yang sering kita lihat ini, dulunya di import dari China menuju Thailand. Dalam versi aslinya, ayam jago dilambangkan kerja keras. Sementara daun pisang dan bunga peony merah menandakan sebuah simbol harapan atas keberuntungan.

Pada tahun 1957, para pedagang di Lampang membuka banyak pabrik mangkok ayam itu. Daerah tersebut memiliki mineral lempung yang cocok untuk membuat keramik.

Saat warga disana memproduksi secara massal, produk itu jadi salah satu yang paling banyak diminati dan memberikan dampak positif terhadap keuangan dan kebebasan penduduk lokal.

Meskipun Lampang hingga saat ini memproduksinya, hanya sedikit pabrik yang bisa membuatkan desain dengan gaya tradisional. Sebab, Mangkuk tersebut dilukis oleh tulisan tangan dan menjadi koleksi barang langka. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO