Himpunan Alumni Santri Lirboyo Gresik dan Surabaya Sikapi Tegas Hinaan Eko Kuntadhi ke Ning Imaz

Himpunan Alumni Santri Lirboyo Gresik dan Surabaya Sikapi Tegas Hinaan Eko Kuntadhi ke Ning Imaz H. Muslih Hasyim Sufy, Penasihat Himasal Cabang Gresik. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Himpunan Alumni Santri Lirboyo () menyikapi dengan tegas yang dilakukan oleh Ketua Umum , terhadap .

Perempuan yang akrab disapa itu adalah putri KH Khaliq Ridwan, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, .

Muslih Hasyim Sufy, Penasihat Cabang Gresik menegaskan, pihaknya akan mengambil langkah hukum, sekali pun nantinya meminta maaf. Menurut alumni Pesantren Lirboyo tahun 1991 ini, permohonan maaf itu tak menghapus perbuatan pidana yang dilakukan oleh Eko.

"Saya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pengacara, termasuk alumni Lirboyo untuk melaporkan atas delik pelanggaran UU ITE," tegas Muslih, Rabu (14/09/2022).

Achmad Romli, Pengurus Cabang Kota Surabaya mengatakan, pihaknya terus mengikuti perkembangan kasus Eko itu. Romli mengaku para alumni Ponpes Lirboyo marah terhadap penghinaan yang dilakukan oleh .

Namun, pihaknya masih menahan diri dan menunggu komando dari pusat, dan para senior serta kiai. Alumni santri Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo angkatan 2003 ini menunggu janji yang berencana meminta maaf langsung kepada dan keluarga besar Lirboyo pada Kamis, 15 September 2022 di Kediri.

"Kami menahan diri untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. Kami berharap, meski nantinya dan keluarga besar Lirboyo memberi maaf, tapi proses hukum tetap berjalan," ujar ketua Simokerto ini.

Tindakan yang dinilai menghina itu berawal dari video yang diproduksi oleh NU Online. Dalam video itu sedang menjelaskan tentang tafsir Surat Ali Imran ayat 14. Video ini juga diunggah di TikTok NU Online dengan judul thumbnail Lelaki di Surga Dapat Bidadari, Wanita Dapat Apa?

Oleh Eko, video itu kemudian di-upload ulang di akun twitter miliknya dengan tambahan kata-kata atau caption “Tolol Tingkat Kadal. Hidup kok cuma mimpi selangkangan,”. Belakangan, Eko menghapus video tersebut. Namun tangkapan layarnya terlanjur beredar luas di media sosial. (mdr/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO