Pangdam V/Brawijaya Damping Kunker Presiden RI dan Rombongan ke Wilayah Kabupaten Malang

Pangdam V/Brawijaya Damping Kunker Presiden RI dan Rombongan ke Wilayah Kabupaten Malang

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan ke Wilayah Kabupaten Malang, disambut oleh Forkopimda Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). Tampak di antara rombongan pejabat forkopimda yang mendampingi Presiden adalah  Mayjen TNI Nurchahyanto. 

Agenda kunker kali ini, Presiden RI berserta Ibu Negara Iriana memberikan santunan kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan dan mejenguk para korban yang masih dirawat di rumah sakit.

"Saya ingin memastikan bahwa yang dirawat di rumah sakit ini mendapatkan pelayanan yang paling baik," papar Jokowi saat berada di .

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi sempat berdialog dengan sejumlah korban yang dirawat di RSSA. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut ingin mengetahui secara langsung kronologi kejadian yang menewaskan 131 orang tersebut.

"Tadi saya juga berbincang-bincang dengan 1, 2, 3, 4 pasien, korban di Stadion Kanjuruhan, untuk mengetahui kurang lebih situasi di malam pertandingan 1 Oktober yang lalu. Saya benar-benar ingin tahu akar masalah penyebab tragedi ini sehingga ke depan kita bisa mendapatkan sebuah kronologi terkait," jelasnya.

Usai dari RSSA, presiden dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Stadion Kanjuruhan Malang dan memastikan kondisi di lapangan pasca insiden kerusuhan yang terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) malam.

"Di sini (stadion) saya juga ingin mendapatkan gambaran lapangan atas kejadian kemarin. Pemerintah melalui Menko Polhukam sudah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut tuntas insiden ini," tegasnya.

Selain itu, Presiden RI juga meminta Menteri Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan audit terhadap seluruh bangunan yang ada di Stadion Kanjuruhan Malang. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa di masa yang akan datang.

Turut mendampingi saat peninjauan yakni, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menpora Zainudin Amali, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Malang Sanusi, dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO