Puluhan Penderita Katarak di Kabupaten Mojokerto Ikuti Operasi Gratis

Puluhan Penderita Katarak di Kabupaten Mojokerto Ikuti Operasi Gratis Bupati Ikfina meninjau operasi katarak di RSUD RA. Basoeni dan Prof. Soekandar Mojosari.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bekerja sama dengan yayasan Dana Kemanusiaan Kompas menggelar .

Puluhan penderita katarak menjalani operasi di RSUD RA Basoeni Gedeg dan RSUD Soekandar Mojosari, Senin (24/10/2022).

Bupati , Ikfina Fahmawati memantau operasi gangguan penglihatan tersebut.

"Operasi katarak ini dalam rangka memperingati hari penglihatan sedunia, saya mewakili masyarakat Kabupaten mengucapkan banyak terima kasih kepada Kompas," ucapnya.

Menurut dia, penyakit ini salah satunya diakibatkan faktor usia.

"Katarak ini merupakan salah satu bagian dari proses penuaan. Karena proses penuaan, penglihatan itu merupakan salah satu hal yang penting untuk kita semua," tuturnya.

Bahkan, Ikfina juga mengatakan bahwa penyakit katarak ini tidak bisa ditangani dengan alat bantu seperti kacamata. Sebab, katarak itu lensa pada matanya buram.

"Katarak ini tidak bisa diperbaiki dengan kacamata, karena lensa matanya sudah keruh. Katarak ini harus dioperasi. Sehingga nanti bisa kembali melihat dengan jelas," kata bupati yang berlatar belakang dokter tersebut.

Ia berpesan kepada peserta agar selalu memperhatikan anjuran dokter pascaoperasi.

"Mudah-mudahan lancar semua, pasca operasi yang dipesan dokter tolong diperhatikan, meskipun sepele bisa jadi infeksi," pungkasnya. (yep/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO