Pimpin Apel Gelar Pasukan, Wali Kota Kediri Minta Waspada Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Wali Kota Kediri Minta Waspada Ancaman Bencana Hidrometeorologi Wali Kota Abdullah Abu Bakar didampingi Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi saat mengecek sarana prasarana yang dimiliki BPBD Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi bencana alam hidrometeorologi, Pemkot Kediri menggelar apel gelar pasukan di Halaman Balai , Selasa (25/10/2022).

Wali memimpin langsung apel gelar pasukan yang diikuti oleh personel TNI/Polri, pemadam kebakaran (damkar), dinas perhubungan (dishub), BPBD, serta Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut.

Dalam amanatnya, Wali Kota Abu Bakar mengingatkan potensi bencana alam hidrometeorologi seiring masuknya musim penghujan. beberapa kali mengalami , seperti genangan di pemukiman, angin kencang, pohon tumbang, dan kenaikan debit air .

“Dengan situasi alam yang saat ini, sinergi dengan berbagai pihak, termasuk Polri dan TNI penting dilakukan. Hal ini untuk memberi edukasi pada masyarakat dan bertindak responsif menanggulangi bencana,” ujar wali kota.

Abu Bakar juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada karena bahaya bencana alam tidak mengenal wilayah ataupun waktu.

"Kepada masyarakat yang beraktivitas ekonomi di sepanjang agar mengedepankan keselamatan diri sendiri maupun konsumen," imbuhnya.

Ke depan, Wali berharap agar peserta apel dapat meningkatkan kolaborasi antar stakeholder, baik dalam rangka upaya pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

"Kita semua harus melakukan langkah antisipatif dengan pembersihan saluran air dan selokan, pengerukan sungai, pembenahan tanggul sungai, optimalisasi drainase, pemangkasan pohon yang rentan tumbang. Dan, selalu memantau informasi cuaca yang dikeluarkan pemerintah melalui BMKG setiap saat," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengecekan sarana prasarana yang disiapkan sebagai antisipasi bencana alam, sekaligus pengecekan kesiapan personel yang akan terlibat dalam penanganan bencana.

Turut hadir pada apel gelar pasukan ini, Forkopimda , Kepala OPD Pemkot Kediri, dan peserta apel.(uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO