Peringati Sumpah Pemuda ke-94, Bupati Lamongan Sebut Momentum Tingkatkan Semangat Membangun Bangsa

Peringati Sumpah Pemuda ke-94, Bupati Lamongan Sebut Momentum Tingkatkan Semangat Membangun Bangsa Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10/2022). Bupati , , mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan membangun bangsa.

"Tanggal 28 Oktober 1828 lalu, menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan Indonesia yang diasosiasikan oleh para pemuda dengan memberikan pembelajaran terkait menyikapi perbedaan, primordial, suku, bangsa, ras, dan kultur," ujarnya.

"Di mana kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Saya berharap, kegiatan ini dapat menjadi renungan, pembelajaran, yang dapat dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar," tuturnya menambahkan.

Membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, bupati menyebut peran pemuda sebagai tinta emas sepanjang masa menjadi perwujudan dari nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang, mengingat masih adanya ancaman terhadap kesatuan Indonesia.

"Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan pemuda di masa sekarang menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dan terus memandang keragaman menjadi anugerah dan kekuatan besar untuk kejayaan bangsa.," ucapnya.

Melihat prestasi yang ditorehkan pemuda secara nasional maupun internasional saat ini, kata Yuhronur, menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang. Namun, masih adanya pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan menjadi ancaman besar bagi bangsa.

"Perlu adanya pemberdayaan dan pembembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif, dan mandiri, dengan berkarakter mulia, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menggantungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi," pungkasnya.(qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO