​Omzet BUMdes Riau Capai Peringkat Terbesar Nasional

​Omzet BUMdes Riau Capai Peringkat Terbesar Nasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Foto: Ist

RIAU, BANGSAONLINE.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Unit Usaha Pangan Provinsi Riau berhasil capai terbesar nasional. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI merilis BUMdes Riau mencapai Rp 149 Miliar. Besaran nilai tersebut mengindikasikan perekonomian di tingkat masyarakat desa di Riau telah berjalan dengan baik.

Menurut catatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau, pada tahun 2021 tercatat 1.591 desa di Riau telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebanyak 442 BUMDes tumbuh, 386 BUMdes berkembang, dan 561 BUMDes dasar.

Setelah ditelusuri oleh PMB Dukcapil Riau, mendominasi gerak yang terhitung cukup pesat dalam kemajuan BUMDes di Riau ini.

Keberadaan BUMdes di Indonesia telah berhasil menyerap 100.911 tenaga kerja, jika dilihat perkembangannya dalam satu tahun terakhir, BUMDes di Indonesia telah menghasilkan sebesar Rp 990,5 miliar dalam satu tahun.

Drs. H. Syamsuar, M.Si selaku Gubernur Riau mengatakan capaian BUMDes Riau tak lepas dari kerja keras seluruh pihak, sehingga Riau menduduki BUMDes terbesar di Indonesia. Syamsuar berharap keberhasilan tersebut dapat dipertahankan dan perlu untuk ditingkatkan lagi, demi kemajuan BUMDes dan kesejahteraan masyarakat Riau.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO