Tingkatkan SDM Warga Sekitar, TPPI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Madya

Tingkatkan SDM Warga Sekitar, TPPI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Madya

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) terus konsisten meningkatkan kapasitas warga Kabupaten Tuban dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Salah satunya dengan melakukan pelatihan dan sertifikasi ahli K3 madya periode VI tahun 2022 dengan menggandeng . Pelatihan tersebut merupakan lanjutan dari program pelatihan K3 muda yang dilaksanakan oleh ().

PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo, menerangkan pelatihan kali ini merupakan program CSR TPPI bidang pengembangan kompetensi masyarakat. Digulirkan dalam rangka mempersiapkan kompetensi masyarakat sekitar dalam menghadapi industrialisasi, terutama industri dibidang pengolahan minyak dan gas bumi.

"Program ini Insya Allah akan dilaksanakan berkelanjutan di tahun depan dengan program pelatihan K3 utama," tutur Taheran, Senin (7/11/2022).

Sebelumnya, juga sudah dilakukan pelatihan gelombang I sampai III berupa pelatihan pengelasan bersertifikat 3G, dan gelombang IV pelatihan K3 scafolding. Sedangkan pelatihan gelombang ke V, dilakukan pada tahun 2020 lalu.

"Selain program pelatihan tersebut, CSR TPPI juga sedang menyusun anggaran untuk mengadakan program pelatihan operator kelistrikan dan pneumatic, operator listrik industri, operator forklift, dan rigger," imbuh Taheran.

Seluruh pelatihan yang diselenggarakan merupakan jenis pelatihan berbasis kompetensi dan bersertifikat agar para pemuda yang dilatih siap untuk bekerja. Sedangkan, pelatihan seperti drafter, multimedia, programer, dan lain-lain tidak dipilih sebagai program pelatihan oleh CSR TPPI.

"Sebab, keahlian itu bisa didapatkan dari dunia kampus atau bangku kuliah, dan perusahaan biasanya merekrut karyawan dari mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate," lanjutnya.

Pelatihan ini akan digelar secara bertahap dan berkesinambungan. Selain untuk meningkatkan kompetensi para pemuda sebagai bekal untuk bekerja di perusahaan, diharapkan pelatihan tersebut mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pelatihan tersebut juga digelar dalam rangka menghadapi persiapan tiga proyek strategis nasional. Di antaranya proyek pengembangan berupa proyek olefin, PT. Pertamina dengan Proyek , dan proyek pembangunan LPG Refrigerated. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO