Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri RI Resmikan 3 Provinsi Baru di Papua

Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri RI Resmikan 3 Provinsi Baru di Papua Peresmian Tiga Provinsi Baru Papua. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri meresmikan 3 provinsi baru di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Tengah pada hari Jum'at 11 November 2022.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini pada Jum'at 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU No. 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU No. 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU NO. 16 Tahun 2022", ucap Tito Karnavian di Kantor Ke pada Jum'at pagi.

3 provinsi baru yang telah diresmikan tersebut merupakan pemekaran dari Provinsi Papua. Undang-undnag yang mengatur pembentukan tiga provinsi baru di Papua disahkan oleh DPR RI pada tanggal 30 Juni 2022 dan ditetapkan pada 25 Juli 2022.

Peresmian provinsi baru dipapua juga bersamaan dengan dilantiknya 3 penjabat gubernur yang sudah dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk memimpin 3 provinsi baru di Papua tersebut.

Peresmian provinsi baru di Papua dilakukan secara simbolis dengan penabuhan tifa yang merupakan alat musik khas Papua serta adanya penandatanganan prasasti.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':