Jaga Stabilitas Pangan, Pemkot Pasuruan Gelar Pasar Murah

Jaga Stabilitas Pangan, Pemkot Pasuruan Gelar Pasar Murah Suasana pasar murah yang digelar Disperindag Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) menggelar pasar murah tahap ke-2, dalam rangka menjaga stabilitas pangan di wilayahnya. Sedangkan untuk tahap pertama telah berlangsung di Kecamatan Purworejo pada saat Bulan Ramadhan lalu.

Kepala Disperindag Kota , Yanuar Afriansyah, mengatakan bahwa pasar murah ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan subsidi harga pembelian kebutuhan bahan pokok masyarakat, meningkatkan akses pangan masyarakat dengan harga yang terjangkau, serta memfasilitasi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

Adapun sasaran dalam kegiatan ini yakni masyarakat Kota yang tersebar di 4 kecamatan dengan pendapatan per bulannya di bawah Rp600 ribu. Paket sembako dijual dengan harga Rp25 ribu terdiri dari 3 Kg beras, 1 Kg gula pasir, 1 Liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan. Pelaksanaan kegiatan pasar murah ini dimulai pada 21-24 Novermber 2022.

Ketua DPRD Kota , Ismail Marzuki Hasan, menyebut kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan positif yang memiliki dampak signifikan untuk masyarakat di tengah keterpurukan pascapandemi Covid-19. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Kota , sehingga apa yang menjadi kebutuhan dasar hidup dapat terpenuhi dengan baik.

“Melalui kegiatan pasar murah ini, kondisi perekonomian yang hari ini sudah mulai berjalan dengan baik mampu untuk terus kita tingkatkan. Dengan harapan, perekonomian Kota juga terus bergerak naik,” kata Ismail.

Operasi pasar murah ini juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok yang saat ini sebagian di antaranya melambung tinggi. 

Masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau, sehingga terjadi keseimbangan didalam pemasaran daya beli masyarakat dan tentunya ada perputaran uang yang stabil.

Sebelum acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kota , terlebih dahulu dilakukan penyerahan secara simbolis paket sembako murah kepada perwakilan penerima sembako oleh Ketua DPRD didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian Dan Pedagangan Kota dan Camat Bugul Kidul. Tampak hadir pula dalam kegiatan ini Bapak dan Ibu Lurah di Lingkungan Kota serta masyarakat luas. (par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO