8 Makanan Khas Gresik yang Enak dan Legendaris

8 Makanan Khas Gresik yang Enak dan Legendaris Nasi Krawu merupakan salah satu makanan khas Gresik yang enak dan legendaris. (foto: Wikimedia Commons).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - merupakan salah satu bagian wilayah pengembangan Gerbangkertosusila yang meliputi , Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan. Kota yang satu ini juga terkenal sebagai kota industri.

Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan ratusan industri dari mulai skala besar sampai home industri. Di kota ini terdapat sejumlah sektor industri yang ditemui mulai dari semen, cat, kimia, kayu, alat-alat rumah tangga, dan makanan.

Meski terkenal sebagai daerah industri, juga menawarkan berbagai jenis makanan khas, seperti pudak, nasi krawu, bonggolan, sampai jajanan seperti jubung.

Makanan khas kota bisa dijadikan referensi wisata kuliner yang wajib anda kunjungi.

Berikut sejumlah makanan khas kota yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Jubung

Jajanan yang satu ini mempunyai bentuk seperti jenang. Terbuat dari ketan hitam yang ditaburi biji wijen di atasnya, jubung biasanya ditempatkan di selongsong warna putih yang terbuat dari daun pinang muda. Jajanan ini cocok bagi Anda yang mencari alternatif buah tangan ketika berwisata di .

2. Pudak

Makanan khas selanjutnya yang tak kalah enak adalah Pudak. Makanan yang dibungkus pelepah pisang dan dikukus ini terdiri dari campuran gula jawa, santan kelapa, dan tepung beras.

Sampai dengan saat ini, perkembangan jenis pudak cukup beragam seperti pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu.

Disamping memiliki rasa yang khas, bentuk kemasan makanan yang satu ini tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun. Dari pembuatan yang tidak sederhana, bahan bakunya pun sudah mulai langka.

3. Bonggolan

Bonggolan merupakan makanan khas Kota yang mempunyai ciri khas dibungkus dengan daun pisang. Hal ini membuat makanan yang berasal dari daerah pesisir tersebut terlihat unik, sehingga banyak orang yang tertarik ingin mencicipinya. Terbuat dari bahan dasar daging ikan dan tepung kanji, makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat lezat

Rasa yang sangat khas dipadu dengan bumbu rempah bawang putih dan garam menjadikan Bonggolan bisa menjadi alternatif pilihan jika anda sedang bertamasya ke .

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO