Pemkot Kediri Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Mojoroto

Pemkot Kediri Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Mojoroto Rumah Marsiyana Kasiyatun yang terbakar saat dikunjungi petugas. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri melalui dinas sosial menyerahkan sejumlah bantuan kepada Marsiyana Kasiyatun, warga Kelurahan , yang rumahnya ludes terbakar pada Senin (9/1/2023) malam.

Bantuan yang diberikan terdiri dari bahan makanan, kasur lipat, selimut, dan tenda untuk korban agar dapat memenuhi kebutuhan dasar selama proses pemulihan dari musibah kebakaran tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Paulus Luhur Budiprasetya, mengatakan selama ini pemkot bersama Wali Kota Abdullah Abu Bakar memang telah menganggarkan dan menyiapkan bantuan korban bencana, baik bencana alam ataupun bencana sosial.

Selain itu, Pemkot Kediri juga telah menyiapkan bantuan biaya hidup berupa uang tunai sebesar tiga ratus ribu selama enam bulan. Untuk proses pengajuan bantuan, pihaknya melakukan asesmen setelah adanya surat permohonan dari pihak kelurahan.

"Saat ini ada sekitar 50 paket bantuan untuk para korban musibah dan bencana yang memang telah kita siapkan. Ada juga bantuan biaya hidup berupa uang tunai sebesar tiga ratus ribu yang kita berikan setiap bulanya selama 6 bulan. Tujuannya jelas, agar para korban cepat segera mendapatkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Seperti contoh yang kita lakukan untuk ibu Marsiyana ini," ujar Paulus usai penyerahan bantuan, Selasa (10/1/2023).

Selain bantuan kebutuhan dasar, lanjutnya, dinsos juga telah menyiapkan tim trauma healing untuk para korban bencana. Trauma healing sendiri suatu proses memulihkan emosi korban dari ketakutan di masa lalu akibat suatu peristiwa.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO