Protes Jalan Rusak, Warga Desa Ngembul Blitar Lepas Puluhan Kilogram Lele ke Kubangan Air

Protes Jalan Rusak, Warga Desa Ngembul Blitar Lepas Puluhan Kilogram Lele ke Kubangan Air Warga Desa Ngembul Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar saat melepaskan lele hidup di kubangan jalan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Aksi unik dilakukan warga , Kabupaten , untuk meluapkan kekesalan atas kerusakan jalan desa di wilayahnya. Warga melakukan protes dengan melepas puluhan kilogram ikan lele hidup ke kubangan air di jalan desa. 

Salah satu warga , Hermawan, mengatakan aksi pelepasan lele tersebut sengaja dilakukan karena kerusakan jalan yang terjadi sudah cukup parah. Bahkan saking parahnya, kubangan tersebut bisa dijadikan kolam lele saat turun hujan.

Menurut Hermawan, rusaknya jalan desa sudah terjadi sejak lama. Tepatnya di sepanjang Rejoso hingga Ngembul.

"Meski sering dilakukan perbaikan oleh pihak pabrik gula yang ada di sini, namun selang berapa lama kembali mengalami kerusakan karena sering dilintasi kendaraan dengan tonase besar," ungkap Hermawan, Rabu (1/2/2023).

Selain menyebabkan kubangan saat musim hujan, rusaknya jalan desa juga merugikan para pengguna jalan hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Warga berharap ada solusi jangka panjang atas masalah jalan ini," tegasnya.

Dikonfirmasi soal hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Dicky Cobandono beberapa waktu lalu menyampaikan jika tahun ini sudah direncanakan peningkatan kelas di kawasan . Anggarannya berasal dari bantuan pemerintah pusat.

"Pemerintah daerah berusaha meminta bantuan anggaran dari pemerintah pusat. Karena satu-satunya solusi kerusakan jalan di kawasan Ngembul Kecamatan Rejoso ini hanya peningkatan kelas jalan," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO