Persiapkan Banmod DBHCHT 2023, DPMPTSP Kota Kediri Diserbu Ratusan Pengurus NIB RBA

Persiapkan Banmod DBHCHT 2023, DPMPTSP Kota Kediri Diserbu Ratusan Pengurus NIB RBA Petugas dari DPMPTSP Kota Kediri saat melayani warga yang ingin mngurus NIB. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota diserbu ratusan pelaku usaha, sejak pimpinan daerah setempat mengumumkan bantuan modal (Banmod) usaha dari (dana bagi hasil cukai hasil tembakau) tahun ini akan segera dibuka. 

Masyarakat yang berada di sana ingin mendapatkan Nomor Induk Berusaha Risk Based Approach (NIB RBA), salah satu syarat pendaftaran banmod dari Pemkot . Kepala DPMPTSP Kota , Edi Darmasto, memastikan hal tersebut.

“Sejak minggu lalu, peningkatan penerbitan NIB RBA di Kota luar biasa, setidaknya dalam sehari DPMPTSP dapat menerbitkan kurang lebih 200 NIB RBA. Jumlah ini belum termasuk yang mendaftar mandiri secara online,” ujarnya, Senin (6/2/2023).

Saking banyaknya, kata Edi, para pelaku usaha yang ingin mengurus NIB RBA harus mengambil nomor antrean terlebih dulu beberapa hari sebelumnya, agar pengurusan NIB RBA di DPMPTSP Kota dapat lebih efisien, tertib, dan pelaku usaha tidak perlu menunggu terlalu lama.

“Hingga hari ini, nomor antrean yang dikeluarkan telah mencakup pelayanan hingga minggu depan. Jadi jika akan mengambil nomor antrean harus siap menunggu tanggal pembuatan yang akan ditetapkan oleh petugas,” tuturnya.

Terkait dengan membludaknya pengurusan NIB RBA di kantor pelayanan DPMPTS Kota , ia menyarankan para pelaku usaha agar melakukannya secara online dengan mengakses www.oss.go.id. Melalui laman tersebut pemohon terlebih dahulu harus membuat akun, lalu login, dan akan memperoleh formulir serta dapat mengikuti arahan sesuai sistem.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO