Wali Kota Kediri Minta Ribuan Mahasiswa KKN Dalami Potensi Kelurahan

Wali Kota Kediri Minta Ribuan Mahasiswa KKN Dalami Potensi Kelurahan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat memakaikan topi kepada salah satu mahasiswa peserta KKN. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, menekankan kepada ribuan mahasiswa yang akan menjalani KKN tematik di Kota Tahu untuk melihat berbagai potensi kelurahan secara detail. Mereka akan menjalani KKN selama 1 bulan di 46 kelurahan.

"Alhamdulillah, kita bisa berkolaborasi bersama yakni kolaborasi antara Pemerintah Kota dan . KKN ini berbeda dari KKN sebelumnya, di mana kalian menjalani KKN tematik. Jadi kalian mesti melihat lebih detail di setiap kelurahan nanti," ujarnya saat melepas 1.035 peserta KKN Tematik 2023, Senin (6/2/2023).

Abu meminta seluruh mahasiswa peserta KKN untuk memberikan insight kepada kelurahan, dan harus bisa diaplikasikan serta diterapkan. Apalagi nanti akan ada bandara yang segera beroperasi, dan bakal banyak orang yang datang ke .

Tak hanya itu, masih banyak juga PR bagi pemerintah yang mungkin nanti mahasiswa bisa bantu menyelesaikan. Seperti pemberdayaan masyarakat, stunting, dan juga kemiskinan.

"Orang yang akan datang ini mereka mau apa di Kota . Katakan mereka mau jalan-jalan nah kelurahan-kelurahan ini harus menyiapkan apa. Kalian beri insight sesuai dengan apa yang sudah kalian dapatkan di bangku kuliah," ungkapnya.

Ia berharap, KKN tematik yang dijalani mahasiswa ini dapat menjadi pengalaman yang luar biasa. Di mana dalam KKN ini, mahasiswa akan melihat langsung realita yang ada di masyarakat. Mahasiswa juga harus bisa menempatkan diri, karena di masyarakat akan menemukan banyak karakter.

"Kalian akan menemukan banyak ide dan gagasan di masyarakat untuk itu kalian harus bisa menyesuaikan. Kalian harus menjaga sikap di tempat KKN nanti," pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Zainal Afandi menjelaskan setelah menjalani kuliah selama 7 semester, mahasiswa harus melaksanakan salah satu pilar pendidikan. Yakni learning together atau belajar bersama di masyarakat.

Tahun ini, lanjutnya, sejalan dengan Kampus Merdeka, melakukan KKN Tematik. Salah satu program Kampus Merdeka adalah membangun desa melalui KKN Tematik.

"Alasan kita memiliki KKN di Kota adalah pertama kita harus berkontribusi terhadap kota dimana kampus kita berada. Kedua karena Kota merupakan daerah yang menjalin kerjasama dengan Kemendikbudristek tentang magang bersertifikat," urai Zainal. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO