Bunda Fey Minta Upaya Pencegahan Perundungan dan Kekerasan pada Anak Terus Ditingkatkan

Bunda Fey Minta Upaya Pencegahan Perundungan dan Kekerasan pada Anak Terus Ditingkatkan Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar saat memberikan sambutan dalam acara workshop pencegahan bullying. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK sekaligus menekankan agar upaya pencegahan perundungan atau bullying dan kekerasan terhadap anak terus ditingkatkan. Apalagi belakangan ini kasus perundungan pada anak marak terjadi di lingkungan sekolah.

Hal itu ditekankan saat membuka Workshop Pencegahan Perundungan/ dan Anti Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini, Senin (6/3/2023), di Ruang Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan Kota Kediri.

"Akhir-akhir ini kita dikejutkan oleh beberapa kasus kekerasan yang membuat hati kita perih. Terkini ada anak bunuh diri karena aksi bullying. Saya tidak bisa membayangkan anak sekecil itu bisa depresi hebat dan memilih jalan untuk bunuh diri. Hal seperti itu harus menjadi perhatian kita bersama," ujarnya.

Wanita yang akrab disapa mengatakan upaya preventif yang baik dapat meminimalisir aksi perundungan dan kekerasan terhadap anak.

Selain pencegahan bullying, menurutnya anak-anak juga harus memahami pendidikan seksual yang memang seharusnya mereka ketahui. Anak-anak harus paham bagian mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

"Pendidikan seksual sejak dini penting untuk diberikan sebagai upaya preventif. Tidak boleh ada pemakluman dari aksi perundungan dan kekerasan," ungkapnya.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini juga mengingatkan pentingnya peran orang tua untuk mencegah aksi perundungan dan kekerasan pada anak. Meskipun banyak orang tua yang sibuk, namun kedekatan dengan anak harus terus dilakukan.

"Orang tua harus menjadi benteng nomor satu untuk anak-anak. Kalau terjadi apa-apa terhadap anak, seorang anak ini mau cerita karena memiliki kedekatan dengan orang tua. Makanya peran orang tua ini juga tidak kalah penting," tekannya.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan deklarasi pencegahan kekerasan pada anak di satuan pendidikan. Penandatanganan dilakukan oleh , forum PAUD, GOPTKI, IGTKI, Himapudi, komite sekolah, pendidik, yayasan lembaga perlindungan anak, dan pokja anti kekerasan.

Turut hadir, Plt Kepala Dinas Pendidikan Marsudi, Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Siti Nurlaila Istiqomah, Perwakilan Yayasan Lembaga Perlindungan Anak Kota Kediri Ulul Hadi, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak LPPM IAIN Luthfi Atmasari, forum PAUD, GOPTKI, IGTKI, Himapudi, komite sekolah, pendidik, pengawas TK dan penilik PAUD, pengelola PAUD, serta tamu undangan lainnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO