Dekranasda Kota Kediri Launching Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan 2023

Dekranasda Kota Kediri Launching Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan 2023 Ketua Dekranasda Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar bersama Sekretaris Daerah Bagus Alit (kanan) dan Kepala Dinkop UMTK Bambang Priambodo saat melaunching pelatihan keterampilan dan kewirausahaan tahun 2023. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketua Dekranasda Kota bersama Sekretaris Daerah Bagus Alit dan Kepala Dinkop UMTK Bambang Priambodo melaunching , Selasa (7/3/2023) di IKCC. Pendaftaran bisa dilakukan mulai tanggal 7-17 Maret 2023. Melalui link http://bit.ly/PELATIHANKDR2023.

"Tahun ini ada target baru 3.110 wirausaha baru yang ingin dicetak oleh Kota . Rasanya tidak muluk-muluk, hal ini sejalan dengan apa yang dicita-citakan oleh Presiden Joko Widodo. Presiden menargetkan 14 persen entrepreneur dan sekarang masih 3 persen. Rasanya hal yang dilakukan oleh Kota ini sudah sejalan apa yang dilakukan Kota dan proyek strategis nasional," ujar istri Wali Kota Abdullah Abu Bakar ini.

Wanita yang akrab disapa Bunda Fey ini mengungkapkan beberapa jenis pelatihan yang difasilitasi oleh dinkop UMTK ini bersinggungan dengan dekranas. Seperti misalnya kegiatan kriya dan kuliner. Ia berharap jenis-jenis pelatihan yang diberikan dapat menjawab tantangan zaman.

"Program pelatihannya seru-seru. Kesempatan berharga ini terbuka dan diberikan oleh dinkop UMTK. Semoga teman-teman yang mengikuti program ini bisa benar-benar mengaplikasikannya dalam bentuk kegiatan wirausahanya," ungkapnya.

Bagus Alit menambahkan tingkat pengangguran terbuka di Kota menurun dari angka 6,37 persen menjadi 4,38 persen. Angka tersebut terbilang rendah bila dibandingkan dengan kota-kota lain di Provinsi Jawa Timur.

Capaian ini sangat mungkin ditingkatkan melalui berbagai program dan terobosan. Evaluasi juga telah dilakukan terkait pelaksanaan pelatihan Prodamas Plus 2022. Pada pelatihan 2023 akan diperkenalkan beberapa modifikasi dan perbaikan agar program ini berjalan lebih optimal.

"Selain melakukan perubahan pada pola rekrutmen dan kriteria peserta tahun ini, cakupan program akan jauh lebih luas. Di antaranya melibatkan teman-teman disabilitas dan warga rentan," ujar Bagus Alit.

Sementara itu, Kepala Dinkop UMTK Bambang Priambodo mengatakan pelatihan keterampilan dan kewirausahaan 2023 ini targetnya diikuti 3.110 orang dari usulan pelatihan dalam Prodamas Plus.

Pada 2023, terdapat 23 jenis pelatihan yang dapat diikuti. Istimewanya, tahun ini ada juga pelatihan untuk disabilitas dan para warga rentan. Sebelumnya 2022 ada 2.903 peserta pelatihan dengan 37 jenis pelatihan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO