Gubernur Khofifah Paparkan 4 Wasiat Sunan Drajat untuk Motivasi Berzakat

Gubernur Khofifah Paparkan 4 Wasiat Sunan Drajat untuk Motivasi Berzakat Gubernur Khofifah saat membayar zakat. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur  memaparkan 4 wasiat (catur piwulang) Sunan Drajat sebagai pengingat untuk berinfak, shodaqah, dan zakat. Ia melakukan hal tersebut usai membayar zakat mal di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (26/3/2023).

Sejumlah wasiat itu ialah wenohono pangan marang wong kang kaliren (berilah makan kepada orang yang kelaparan), wenehono teken marang wong kang wuto (berilah tongkat pada orang yang buta), wenohono sandang marang wong kang wudo (berilah baju pada orang yang tidak berpakaian), dan wenehono payung marang wong kang kaudanan (berilah payung kepada orang yang kehujanan).

"Bahwa kita harus bersyukur atas kelebihan yang Allah anugerahkan kepada kita semua. Di makam Sunan Drajat di Lamongan ada pesan yang bermakna untuk motivasi kita untuk berinfak, shodaqah dan zakat," kata .

Terkait wasiat pertama, yaitu Lwenohono pangan marang wong kang kaliren yang artinya berilah makan pada orang yang kelaparan. Gubernur berpesan, agar setiap orang mau berbagi rezeki dalam bentuk pangan kepada saudara sesama. Apabila tidak menemukan atau tidak tahu kemana harus menyalurkannya, Baznas Jatim bisa menjadi amilnya.

Salah satunya lewat Z Chicken Baznas yang diluncurkan oleh Baznas RI. Z Chicken ini merupakan bantuan usaha mulai dari bahan baku pemasaran untuk meningkatkan perekonomian masyarakat hingga bisa menjadi orang yang berinfaq, bersodaqah dan berzakat baik dalam bentuk harta atau pangan.

"Ketika saya diajak melaunching Z Chicken dengan Ketua Baznas Pusat, saya menyampaikan ada saudari-saudari kita driver ojol perempuan yang 90% nya adalah single mom dan 10% nya memiliki anak berkebutuhan khusus. Kita lalu memberikan layanan secara kontinu pada mereka," sebutnya.

Wejangan ini pun berhubungan dengan pesan selanjutnya, wenehono teken marang wong kang wuto atau atau berilah tongkat pada orang yang buta. Mantan Mensos RI itu menyebut bahwa hal ini tidak perlu diambil secara harfiah.

Artinya, rezeki lebih yang disalurkan melalui Baznas ini diharap dapat membantu saudara-saudara yang membutuhkan untuk "berjalan," yaitu menjalankan hidup dengan baik dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Bukan cuma dengan bantuan Z Chicken Baznas, juga memberikan bantuan Zakat Produktif untuk para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) agar usaha mereka dapat terus berjalan dan terbebas dari jeratan hutang.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO