Gubernur Khofifah Paparkan Komitmen Pemprov Jatim Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas ASN

Gubernur Khofifah Paparkan Komitmen Pemprov Jatim Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas ASN Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofifah memaparkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 yang baru diluncurkan Presiden Joko Widodo () untuk mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Ia mengungkapkan hal tersebut saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas angkatan IX, X, XI dan Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan II tahun 2023, di Sasana Wiyata Praja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, Kamis (22/6/2023).

Di depan 180 peserta pelatihan, gubernur mengatakan bahwa tujuan yang harus dicapai Indonesia di tahun 2045 mendatang adalah mewujudkan SDM yang unggul, yang berbudaya serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu juga ekonomi negara yang maju dan berkelanjutan, pembangunan yang merata dan inklusif, serta menjadi megara yang demokratis, kuat dan bersih. Untuk mencapai tujuan itu, maka persiapannya harus dilakukan sejak sekarang.

"Dalam menyiapkan Indonesia Emas harus dimulai dengan meningkatkan kualitas SDM. Kedua kualitas SDM, dan ketiga kembali lagi kualitas SDM. Jadi kualitas SDM adalah kuncinya. Tentu SDM multi profesi dan kualitas secara scientific maupun spiritual," kata Khofifah.

Termasuk di dalamnya, lanjut gubernur perempuan pertama Jatim itu, adalah meningkatkan kualitas SDM dari para aparatur sipil negara, tak terkecuali di Jawa Timur.

Ditegaskan Khofifah bahwa sejauh ini peningkatan SDM para terus dilakukan melalui berbagai program yang dikomandani oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim.

Seperti Inovasi Aplikasi Pengembangan Kompetensi Mandiri (Si Bang Kodir) Jatim. Dimana program ini secara khusus digagas untuk meningkatkan pengembangan kompetensi di Jatim secara terukur dan berkesinambungan.

Selain itu juga ada program Belajar yang mana program ini bisa dimanfaatkan dan diakses oleh se Indonesia demi meningkatkan wawasan dan kompetensinya. Diketahui, program Belajar dilaksanakan dengan menghadirkan topik-topik terkini, narasumber yang kompeten di bidangnya, dan host profesional.

Berbagai inovasi pengembangan SDM yang dilakukan BPSDM Jatim ini bahkan telah banyak mendapatkan pengakuan dan mendulang prestasi di skala nasional.

"Banyak sekali Inovasi dan perubahan di BPSDM Provinsi Jawa Timur, proses itu mendapat pengakuan dari LAN BPSDM nomor satu di Indonesia ini 2 tahun berturut-turut. Dan sekarang sedang proses untuk penilaian kembali tentu kita berharap bahwa ini akan menjadi role model," harapnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO