Bagikan Bantuan Modal DBHCHT Tahun 2023, Wali Kota Kediri Harap UMKM Berkembang Lebih Besar

Bagikan Bantuan Modal DBHCHT Tahun 2023, Wali Kota Kediri Harap UMKM Berkembang Lebih Besar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menyerahkan secara simbolis bantuan modal DBHCHT kepada salah satu warga. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com kembali menyerahkan bantuan modal DBHCHT tahun 2023. Kali ini bantuan diserahkan kepada 787 penerima dari tujuh kelurahan yang dipusatkan di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Senin (24/7/2023). Ketujuh kelurahan tersebut adalah Semampir, Dandangan, Kemasan, Jagalan, Ngadirejo, Pakelan, dan Banjaran.

"Tahun ini penerima bantuan modal lebih banyak dari tahun kemarin. Di tahap 1 ini berjumlah 6.666 penerima. Saya lihat penerima hari ini full senyum," ujarnya.

, sapaan akrab , mengatakan bantuan modal ini diberikan karena banyaknya UMKM yang membutuhkan bantuan. Harapannya dengan bantuan ini UMKM bisa mengembangkan usahanya lebih besar lagi. Sebab, perekonomian Kota Kediri banyak ditopang oleh UMKM, selain dari industri tembakau.

"UMKM yang kita beri bantuan ini kelasnya menengah ke bawah. Untuk mendapat bantuan modal ini ada persyaratan yang harus dipenuhi. Tim dari pemkot pun telah melakukan seleksi dan juga survei," ungkapnya.

Dengan bantuan modal ini, mengingatkan agar dimanfaatkan dengan baik oleh penerima. Utamanya untuk kebutuhan usaha.

Menurutnya, bantuan ini bertujuan mengantisipasi agar UMKM tidak meminjam kepada rentenir. Pasalnya, di lapangan banyak ditemui rentenir yang menyasar usaha menengah ke bawah.

"Kita berikan bantuan ini dan kita arahkan untuk meminjam di bank bila memerlukan. Kalau sudah pinjam di rentenir kasihan karena bunganya tinggi. Bantuan modal ini juga salah satu upaya untuk recovery ekonomi di Kota Kediri," pungkasnya.

Sementara itu, Enggar, salah satu penerima dari Kelurahan Banjaran sangat bersyukur dapat menerima bantuan modal. Ia mengaku akan menggunakan bantuan untuk mengembangkan usaha warung yang dijalankannya sejak 10 tahun lalu.

"Alhamdulillah, saya bisa dapat bantuan modal. Nanti akan saya gunakan untuk mengembangkan usaha sesuai dengan rancangan yang sudah saya kumpulkan. Terima kasih Pak Wali atas bantuannya akan saya manfaatkan dengan baik," jelasnya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Bagus Alit, kepala OPD terkait, lurah, dan tamu undangan lainnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO