Rangkaian Penutupan TMMD Ke-117, Kasdam V/Brawijaya Pimpin Upacara hingga Tinjau Hasil Pembangunan

Rangkaian Penutupan TMMD Ke-117, Kasdam V/Brawijaya Pimpin Upacara hingga Tinjau Hasil Pembangunan Kasdam V/ Brawijaya, Brigjen TNI Niko Fahrizal, saat melakukan inspeksi pasukan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah satu bulan menjalankan pengabdian kepada masyarakat, program TNI Manunggal Membangun Desa () yang ke-117 kini tiba di penghujung acara. Hal itu ditandai dengan upacara penutupan yang dipimpin secara langsung oleh Kasdam V/ Brawijaya, Brigjen TNI Niko Fahrizal, Kamis (10/8/2034).

Dalam upacara yang berlangsung di Lapangan Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, tersebut turut hadir Kepala OPD Pemkot , Dandim 0809/, Kapolres Kota, Wakil Ketua DPRD Kabupaten , Camat Mojoroto, Lurah Pojok, Forkopimda Kabupaten dan Kota , serta tamu undangan lain.

Penutupan dilakukan usai semua pembangunan baik fisik maupun non-fisik yang menjadi sasaran ke-117 ini berhasil terlaksana 100 persen.

Adapun yang menjadi sasaran pembangunan, antara lain: jalan tembus yang menghubungkan Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota dengan Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten sepanjang 505 meter, drainase 50x50x175 meter, plengsengan 1,3x217 meter, penetrasi 3x300 meter, rehab 1 unit mushola, rehab 1 unit Puskesmas Pembantu, pembangunan 1 unit tandon air dan pipanisasi sepanjang 320 meter, serta rehab 20 rumah tidak layak huni.

Sedangkan pembangunan non fisik, antara lain: Sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak oleh DP3AP2KB, Sosialisasi Pencegahan dan Penurunan Stunting oleh Dinkes, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara oleh Bakesbangpol.

Kemudian, sosialisasi Keadaan Darurat dan Bencana oleh BPBD, Pelatihan Kewirausahaan oleh Dinkop UMTK, Sosialisasi Kesadaran Hukum oleh Bagian Hukum, Baksos Pelayanan Kesehatan oleh RS Tingkat IV DKT dan Dinkes, Pagelaran Pentas Seni oleh Disbudparpora, Publikasi Media oleh Diskominfo, Sosialisasi Penegakan Cukai Rokok oleh Satpol PP, serta Pelayanan Pasar Murah oleh Bulog.

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Niko yang juga selaku penanggung jawab keberhasilan operasional ke-117 berterima kasih dan mengapresiasi kepada segenap jajaran Pemkot , elemen masyarakat, serta semua pihak yang terlibat dan membantu secara moril maupun materiil, sehingga program berjalan dengan lancar, aman, dan sukses.

Acara penutupan ke-117 berlanjut dengan tinjauan ke lokasi pembangunan fisik yang ia pimpin langsung. Menuurut Niko, gotong royong dan guyub rukun antara TNI/Polri, Pemkot dan masyarakat begitu terasa sehingga pembangunan fisik berhasil terselesaikan sesuai rencana program kerja. Kasdam V/Brawijaya berharap kegiatan tidak berhenti sampai disini, namun ke depan bisa terus berlanjut dan berkesinambungan.

“Salah satu hasil yang sudah dibangun adalah tandon air yang tadinya hanya kecil untuk 10 KK, setelah dibangun ini sekarang bisa untuk mengairi 80 KK. Selain itu kedalaman air disini cukup dalam sampai 150 meter untuk bisa menemukan air bersih sehingga ini sangat vital dan dibutuhkan masyarakat,” harapnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO