Pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 Batu ala Pemilu

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 Batu ala Pemilu

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kreatif dan unik. Itulah kalimat yang pantas terucap untuk menggambarkan suasana pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 periode 2023-2024 yang berlangsung di sekolah setempat, Rabu (18/10/23).

Selain penataan ruang TPS yang ikonik berdasarkan hasil undian, pakaian petugas KPPS, bawaslu, saksi, timses, hingga bagian publikasi, dekorasi, dan dokumentasi menggunakan seragam sesuai ikon TPS.

Semisal tema TPS-nya bandara, maka seluruh petugas mengenakan baju seperti pilot, pramugari, dan sebagainya. Demikian juga dengan tema sekuriti, rumah sakit, perbankan, stasiun televisi, dan perkantoran.

Kepala SMAN 2 Anto Dwi Cahyono mengatakan, kegiatan pemilihan ketua OSIS ini merupakan salah satu cara mewujudkan suara demokrasi sebagaimana tuntutan dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

"Ya, kegiatan ini adalah aksi nyata dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema suara demokrasi. Semoga dengan kegiatan ini, siswa semakin siap berdemokrasi apalagi tahun depan di negeri ini ada pesta demokrasi," ujar Anto Dwi Cahyono.

Sebelum pencoblosan dimulai, panitia menggelar seremoni pembukaan berupa perkenalan calon. Setelah itu panitia yang terdiri dari saksi, bawaslu, ketua proyek dan PDD, serta didampingi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan perwakilan guru mengantarkan calon kandidat ketua OSIS ke tiap-tiap TPS yang berjumlah 10 TPS.

Sebelum acara coblosan, pada Kamis (12/10/23) panitia menggelar debat antarcalon ketua OSIS. Mereka dicecar berbagai pertanyaan oleh para panelis yang berasal dari perwakilan tiap kelas. Para calon yang berjumlah 10 siswa juga menyampaikan visi dan misinya di hadapan seluruh siswa.

Setiap kali pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 , panitia tidak menggunakan kartu suara melainkan menggunakan IT berbasis android. Begitu sampai di bilik suara, pemilih langsung disuguhkan foto-foto calon dan tinggal klik untuk menyalurkan hak suaranya. (asa/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO