Ning Ita: Festival Nasi Bakar untuk Lestarikan Warisan Kuliner Majapahit

Ning Ita: Festival Nasi Bakar untuk Lestarikan Warisan Kuliner Majapahit Tampak, Ning Ita terkesan dengan olahan nasi bakar peserta dari Kominfo Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERO, BANGSAONLINE.com - Festival nasi bakar yang digelar di lapangan Surodinawan, Kota Mojokeerto menyedot perhatian luar biasa dari ribuan penonton yang hadir dalam Pekan Budaya Majapahit tahun 2023.

Festival nasi bakar diikuti oleh 100 peserta dari elemen masyarakat, jajaran pemerintah dan instansi instansi terkait. Festival dibuka langsung Wali Kota Ika Puspitasri (), Sabtu (11/11/2023).

Dalam sambutannya, menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari warisan kuliner yang perlu dilestarikan. warisan kuliner nasi bakar dimasa lalu itu, masih selalu diminati oleh masyarakat zaman sekarang. Olahan makanan yang dikemas tradisional dengan rempah rempah yang beragam ini, menjadi idola dan sebagai salah satu makanan khas di .

"Kuliner nasi bakar ini, merupakan salah satu warisan makanan kuliner zaman Majapahit. Sebab, campuran nasi bakar tersebut, dengan memanfaatkan rempah-rempah yang banyak tumbuh di sebagai Bumi Majapahit. Penyajian menarik dari nasi bakar itu, dikemas dengan daun yang menambah kesan khas kuliner tradisional. Untuk itu, kuliner nasi bakar masih digemari bagi semua kalangan sampai dengan hari ini,” terang .

juga mengatakan, berbagai festival maupun hiburan lainnya. Acara itu sendiri digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur yang berlangsung mulai tanggal 10 sampai dengan 16 Nopember 2023.

"Saya berharap, melalui Festival Nasi Bakar ini dapat melestarikan salah satu warisan kuliner tradisional yang hingga kini masih banyak digemari masyarakat luas," ungkap .

Kepala Diskopukmperindag Kota Ani Wijaya mengatakan, ratusan nasi bakar yang telah dimasak oleh peserta akan dibagikan gratis kepada pengunjung festival.

“Usai dibacakan pemenang dari , nasi bakar itu dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang hadir,” pungkas dia. (ris/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO