Polres Gresik Tetapkan 8 Tersangka Kasus Kericuhan Suporter Gresik United

Polres Gresik Tetapkan 8 Tersangka Kasus Kericuhan Suporter Gresik United Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom (tengah) saat memimpin rilis pers kasus kericuhan suporter Gresik United. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapolres AKBP Adhitya Panji Anom mengekspos 8 tersangka kasus kericuhan suporter United (GU) di Stadion (Gejos) , Minggu (19/11/2023) lalu.

Kedelapan tersangka tersebut adalah FJ (24), warga Desa Gapurosukolilo, Kecamatan . Ia berperan melakukan pelemparan batu sebanyak 1 kali. JH (20), warga Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas berperan melakukan pelemparan batu sebanyak 1 kali.

Baca Juga: Dampingi Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Pj Adhy Karyono Optimis Dongkrak Perekonomian

Kemudian MT (49), warga Kelurahan Kebongson, Kecamatan , yang merupakan Ketua Harian Suporter Ultras . Ia adalah aktor Intelektual dalam kericuhan.

Selanjutnya S (25), warga Cerme, Kecamatan Cerme selaku dirijen suporter Ultras . Ia mengajak suporter untuk turun ke depan pintu VIP stadion.

"Sementara 4 tersangka lain adalah anak berhadapan dengan hukum (ABH). Mereka berperan melakukan pelemparan batu ke arah petugas pengamanan," ucap kapolres.

Baca Juga: Kejari Gresik Periksa 8 Orang Buntut Dugaan Penyimpangan Beras CSR Desa Roomo

Dalam kesempatan itu, kapolres juga memaparkan kronologi kericuhan. Berawal setelah pertandingan sepak bola antara United (GU) versus berakhir sekira pukul 17.00 WIB.

Saat itu terdapat beberapa suporter pendukung United berniat mendatangi Manajemen United.

"Tujuannya, untuk melakukan demo dan protes atas kekalahan United melawan dengan skor akhir 1-2," kata kapolres.

Baca Juga: Beras dari Dana CSR Bau dan Tak Layak, Warga Desa Roomo Gresik Demo Kades

Setelah itu, terjadi kericuhan yang meluas dari suporter United dengan cara melakukan perusakan fasilitas stadion. Suporter juga melempari petugas kepolisian yang melakukan pengamanan dengan menggunakan batu dan kayu. Akibatnya, 10 anggota Polri mengalami luka-luka.

Pasca kejadian itu, petugas melakukan langkah dengan mendatangi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kemudian membuat laporan polisi, melakukan permohonan VER (visum et repertum), dan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan tersangka.

Selain itu, polisi juga mengambil rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian dan melakukan penyitaan barang bukti (BB).

Baca Juga: Sidang Kasus Korupsi Hibah UMKM Gresik: Jaksa Tuntut Farda 1,5 Tahun dan Ryan 1 Tahun Penjara

"Atas kejadian tersebut, tim gabungan dari Ditreskrimum Polda Jatim dan Satreskrim Polres berhasil mengamankan 15 orang diduga pelaku," tutu Adhitya.

"Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 15 orang tersebut dan dilakukan gelar perkara yang menetapkan 8 orang menjadi tersangka," sambungnya.

Adapun barang bukti yang diamankan polisi berupa satu buah handphone, batu berbagai macam bentuk dan ukuran, potongan kayu, dan hasil visum et repertum (VER).

Baca Juga: ​Karnaval 4 Dusun di Desa Kandangan Gresik Geliatkan Ekonomi UMKM

"Tersangka dikenakan pasal 170 KUHP, pasal 160 KUHP dan/atau pasal 214 KUHP. Pasal 170 ayat 2 ke 1e KUHP berbunyi barang siapa di muka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang yang mengakibatkan luka diancam dengan penjara selama-lamanya 7 tahun," terangnya.

Selanjutnya, pasal 160 KUHP berbunyi, barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan tindakan pidana dengan ancaman penjara 6 tahun.

"Adapun pasal 214 KUHP berbunyi, paksaan dan perlawanan berdasarkan pasal 211 dan 212 jika dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun," pungkasnya. (hud/rev)

Baca Juga: Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024, Polres Gresik Terjunkan 90 Personel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO