UMKM Kota Mojokerto Rambah Dunia Digital

UMKM Kota Mojokerto Rambah Dunia Digital Layani lebih dari 300 pelaku UMKM, Klinik Kipper ramai peminat.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkot mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerahnya memanfaatkan fasilitas Kipper. Aplikasi Klinik Konsultasi dan Pendaftaran Pelaku Usaha secara elektronik yang terhubung dengan aplikasi e-catalog itu kini telah digunakan 300 lebih pelaku UMKM.

Kipper adalah inovasi pelayanan dari bagian pengadaan barang/jasa (PBJ) dan pembangunan. Lewat aplikasi ini, para pelaku usaha di Kota terbantu agar produk terwadahi di aplikasi e-catalog.

"Pemkot turut andil dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang menjadi prioritas dari Wali Kota Ika Puspitasari. Salah satunya dengan memberikan fasilitas Kipper bagi pelaku UMKM. Dan Kipper sudah dimanfaatkan 300 lebih pelaku UMKM," tutur Sekdakot , Gaguk Tri Prasetyo, Rabu (22/11/2023).

Gaguk berharap program tersebut membantu para pelaku usaha di Kota menjual produknya melalui aplikasi online tersebut. "Kipper merupakan fasilitasi lanjutan dari program pelatihan yang telah diberikan bagian PBJ dan pembangunan dengan Diskopukmperindag Kota bagi pelaku usaha," urainya.

’’Para pelaku UMKM yang ingin berkonsultasi ke petugas PBJ bisa mendatangi counter Kipper di MPP Gajah Mada,’’ imbuhnya.

Menurutnya, Kipper merupakan fasilitasi lanjutan dari program pelatihan yang telah diberikan Bagian PBJ dan Pembangunan Kota bagi pelaku usaha.

Dalam pelaksanaannya, para pelaku UMKM diberikan pendampingan untuk mendaftarkan produk mereka agar bisa diakses lewat e-purchasing.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) dan Pembangunan , Muraji menambahkan Kipper lahir dari keinginan wali kota memajukan UMKM di daerahnya. "Bu Wali Kota telah memfasilitasi bagi para pelaku usaha di Kota untuk berjualan secara online. Untuk menuju ke sana dibukalah Kipper bagi UMKM," terangnya.

Muraji juga mengungkapkan saat ini Kipper sudah melayani 300 lebih pelaku usaha di Kota . Jumlahnya ini dipastikan akan bertambah karena penjualan mengarah ke positif. (yep/git) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO