Pj Wali Kota Kediri Tinjau GPM di Ngronggo

Pj Wali Kota Kediri Tinjau GPM di Ngronggo Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat meninjau Gerakan Pangan Murah di Lapangan Sport Center Ngronggo. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota , Zanariah, meninjau GPM atau singkatan dari gerakan pangan murah di Lapangan Sport Center Ngronggo, Senin (18/12/2023). Acara hasil kolaborasi dengan Korpri Kota ini berlangsung pada 18-20 Desember di 3 titik (Ngronggo, Kecamatan Kota; Dermo, Kecamatan Mojoroto, dan Bawang, Kecamatan Pesantren).

Bahan pangan yang dijual pada GPM bervariasi, seperti Beras SPHP Rp52 ribu per 5 kg, Beras Premium mulai Rp65.500,00. per 5 kg, minyak goreng mulai Rp9 ribu per botol, dan gula mulai Rp14.500,00. per kg.

Kemudian, ada tepung terigu Rp8.700,00. per kg, telur ayam Rp23.500,00. per kg, garam mulai Rp1.000,00. per pcs, Ikan Lele segar Rp20 ribu per kg, aneka cabai mulai Rp7 ribu per ons, serta aneka bawang mulai Rp27 ribu per kg. Untuk stok, harga, dan jenis komoditas dapat berubah sewaktu-waktu dan GPM hanya untuk warga ber-KTP Kota .

Usai meninjau GPM, Zanariah menekankan bahwa beberapa komoditas menjelang Hari Natal dan Tahun Baru () mengalami kenaikan harga. Walaupun hal itu biasa terjadi, namun tetap perlu menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan.

"Maka dari itu, Pemerintah Kota bersinergi dengan Korpri Kota mengadakan Gerakan Pangan Murah selama tiga hari," ucapnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat Kota untuk belanja sesuai dengan kebutuhan. Meskipun harga komoditas pangan yang dijual di sini di bawah harga pasar, namun masyarakat tidak boleh punic buying.

"Masyarakat diimbau belanja bijak, beli sesuai dengan kebutuhan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kota , Moh. Ridwan, menuturkan pada GPM di Ngronggo ini komoditas yang banyak diburu oleh masyarakat yakni Beras SPHP dan gula pasir. Harapannya dengan adanya GPM ini, Pemkot dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam hal menyediakan stok komoditas bahan pangan secara cukup dan dengan harga terjangkau.

"Untuk stok bahan pangan Kota hingga besok masih aman," ujarnya.

Pada GPM di Ngronggo, Beras SPHP disediakan sebanyak 8 ton, Beras Premium Bulog sebanyak 2 ton, gula pasir sebesar 1 ton, cabe merah besar 10 kg, cabe rawit 20 kg, telur sebanyak 200 kg, dan Ikan Lele sebanyak 20 kg. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO