Waspada Bencana Hidrometeorologi pada Malam Tahun Baru

Waspada Bencana Hidrometeorologi pada Malam Tahun Baru Waspada Bencana Hidrometeorologi pada Malam Tahun Baru. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () mengatakan telah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca, seperti curah hujan, hidrologi, angin, temperatur dan kelembapan.

Bentuk ialah banjir, longsor, badai, kebakaran hutan, gelombang dingin, dan sebagainya.

Dwikorita selaku Ketua menjelaskan bahwa penyebab dikarenakan kondisi dinamika atmosfer yang memicu hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem.

Hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem terjadi akibat dinamika atmosfer diantaranya melemahnya pusat tekanan rendah yang membentuk sirkulasi angin di sekitar Laut Cina Selatan.

Hal tersebut menyebabkan aliran massa udara basah dari utara masuk ke wilayah selatan ekuator dan membentuk pola pertemuan angin di sekitar suatu wilayah sehingga memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan yang intens.

Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Kelvin dan Rossby Wave yang aktif bersamaan di sekitar wilayah Indonesia bagian Barat.

Andri Ramdhani selaku Kepala Pusat Meteorologi Publi menyampaikan beberapa wilayah yang berpotensi dilanda pada tanggal 27-29 Desember 2024, diantaranya:

-Aceh

-Sumatera Utara

-Sumatera Barat

-Riau

-Kepulauan Riau

-Jambi

-Sumatera Selatan

-Bengkulu

-Kepulauan Bangka Belitung

-Banten

-Jawa Barat

-Jawa Tengah

-DI Yogyakarta

-Jawa Timur

-Kalimantan Tengah

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO