Kantor Imigrasi Malang Dukung Operasi Jagratara pada Momentum Natal, Tahun Baru, dan Pemilu 2024

Kantor Imigrasi Malang Dukung Operasi Jagratara pada Momentum Natal, Tahun Baru, dan Pemilu 2024 Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang saat Operasi Jagratara.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam semangat bersinergi untuk menciptakan keamanan bersama, turut terlibat aktifnya dalam mendukung .

ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-1433.KP.04.01 tahun 2023 tanggal 18 Desember 2023 tentang Pembentukan Satuan Tugas pengawasan orang asing secara serentak pada seluruh wilayah kerja Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di Indonesia tahun 2023.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya besar untuk menjaga stabilitas dan keamanan pada momentum perayaan natal, tahun baru, dan persiapan pemilihan umum (pemilu) 2024.

Kepala Kantor Imigrasi TPI Malang, , mengatakan pihaknya tidak hanya fokus pada perihal imigrasi semata, namun juga sebagai mitra setia dalam menjaga keamanan wilayah.

"Dengan dukungan penuh terhadap , kami aktif terlibat dalam langkah-langkah pengamanan, peningkatan pemantauan di berbagai pintu masuk, dan meningkatkan koordinasi dengan aparat keamanan serta instansi terkait lainnya," ujarnya.

Galih menyebut bahwa keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Khususnya dalam menyambut momen hari besar seperti natal, tahun baru, dan pemilu.

"Kami bersinergi dalam untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh masyarakat," katanya.

Adapun dalam Operasai Jagratara, mendatangi beberapa lokasi. Pertama, meninjau keberadaan WNA jamaah tabligh di Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat.

Setelah dilakukan pendalaman, diketahui bahwa penjamin telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat terkait keberadaan rombongan. Juga telah melakukan perpanjangan izin tinggal kunjungan di .

Selanjutnya ke PT Coats Rejo Indonesia Pasuruan. Dari keterangan yang dihimpun, tidak terdapat tenaga kerja asing (TKA). Sempat ada TKA, nammun hanya berkunjung sesekali ke perusahaan dan telah memiliki ITAS bekerja yang dijamin oleh kantor pusat PT Coats Rejo Indonesia di Jakarta.

PT Coats Rejo Indonesia juga akan mendatangkan TKA pada bulan Februari 2024 mengingat akan dilakukannya pemasangan mesin baru pada unit produksinya. Adapun proses perizinannya sedang dalam tahapan pengurusan rekomendasi kerja dari Kemenaker.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO