Pemkot Kediri Gelar GPM di Taman Harmoni

Pemkot Kediri Gelar GPM di Taman Harmoni Petugas saat melayani warga yang membeli bahan pangan murah. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Taman Harmoni, Senin (29/4/2024). Hal tersebut dilakukan sebagai respons terkait munculnya fluktuasi harga-harga kebutuhan pangan di pasar saat ini. 

Dalam program itu, tersedia sejumlah bahan pangan, seperti beras medium, gula pasir dan bawang merah dan dipantau langsung oleh Kepala DKPP Kota Kediri serta Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Kota Kediri.

Kepala DKPP Kota Kediri, Moh. Ridwan, mengatakan bahwa pihaknya menyediakan beras medium sebanyak 1.250 kg atau 250 sak, Gula pasir sebanyak 200 kg dan bawang merah sebanyak 200 kg dalam GPM ini.

“Beberapa komoditas yang harganya masih relatif tinggi atau di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah kami upayakan untuk diadakan Gerakan Pangan Murah. Ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau sehingga bisa meminimalisir keresahan di masyarakat,” paparnya.

Sebagai upaya mengendalikan harga komoditas pangan, lanjut Ridwan, DKPP Kota Kediri juga rutin melakukan pemantauan harga di sejumlah pasar di Kota Kediri.

“Kami selalu pantau harga secara harian di pasar dan tampaknya komoditas bawang merah, gula pasir dan beras medium masih stabil dengan harga di level tinggi. Untuk itu kami merasa perlu untuk diadakan intervensi dengan menggelar GPM hari ini,” ujarnya.

Ridwan menegaskan, stok komoditas pangan setelah lebaran di Kota Kediri terpantau aman. Apabila terjadi kenaikan harga, Ridwan menambahkan tidak menutup kemungkinan Gerakan Pangan Murah akan kembali diadakan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO