Gandeng Masyarakat, Satpolairud Polresta Sidoarjo Bersihkan Sampah di Kawasan Pesisir

Gandeng Masyarakat, Satpolairud Polresta Sidoarjo Bersihkan Sampah di Kawasan Pesisir Petugas dari Satpolairud Polresta Sidoarjo dibantu warga saat membersihkan kawasan pesisir.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satpolairud menggelar kerja bakti membersihkan sampah di kawasan pesisir sekitar Kecamatan Jabon, Jumat (17/5/2024). Kegiatan ini melibatkan masyarakat setempat sebagai bentuk kolaborasi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan pesisir.

Kerja bakti ini merupakan program yang dicanangkan Kasatpolairud , Kompol Ludwi Yarsa Pramono. Ia mengatakan, "Kegiatan bersih-bersih ini bertujuan untuk mengatasi masalah sampah yang sering menumpuk di sepanjang garis pantai, yang dapat mengancam ekosistem laut dan kenyamanan warga."

Ia mengatakan, pihaknya bersama masyarakat bergotong-royong mengumpulkan sampah plastik, botol, dan berbagai jenis limbah lainnya yang terbawa arus laut maupun yang dibuang sembarangan. Dalam sambutannya, Ludwi menekankan pentingnya peran serta semua pihak dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Masyarakat Kecamatan Jabon menyambut baik kegiatan ini dan turut berpartisipasi dengan antusias. Beberapa warga menyampaikan apresiasinya kepada Satpolairud yang telah menginisiasi kegiatan yang bermanfaat ini. 

"Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Satpolairud. Kegiatan seperti ini sangat membantu kami dalam menjaga kebersihan pantai yang menjadi tempat kami mencari nafkah," kata salah seorang warga setempat, Ahmad.

Kegiatan ini juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Satpolairud membagikan tas belanja ramah lingkungan kepada warga sebagai langkah konkret mengurangi limbah plastik.

Agenda tersebut merupakan bagian dari program rutin Satpolairud yang bertujuan untuk membangun hubungan baik dengan masyarakat, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di daerah pesisir. (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO