Sertifikat Ditolak, Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Dampingi Orang Tua Atlet Daftar PPDB Jalur Prestasi

Sertifikat Ditolak, Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Dampingi Orang Tua Atlet Daftar PPDB Jalur Prestasi M. Syahrul Munir (baju hitam) saat mendampingi salah satu orang tua murid yang sertifikatnya ditolak saat hendak mendaftarkan sang anak pada PPDB jalur prestasi. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik, M Syahrul Munir, mendatangi Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik yang tengah melakukan verifikasi sertifikat prestasi untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi di hari pertama, Senin (27/5/2024).

Sebelumnya, Syahrul mendapatkan keluhan salah satu wali murid atlet sepak bola yang sertifkatnya ditolak Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik untuk persyaratan PPDB jalur prestasi.

"Saya dapat keluhan dari salah satu wali murid sertifikat prestasi anaknya ditolak , makanya saya lansung datang ke tempat verifikasi di Dispendik," ucap Syahrul kepada BANGSAONLINE.com.

Ia lantas meminta penjelasan dari panitia PPDB terkait alasan penolakan tersebut. Ternyata karena sertifikatnya tidak ada tanda tangan dari cabang olahraga (cabor), hanya ada tanda tangan dari penyelenggara.

"Padahal, dalam sertifikat tersebut pakai kop PSSI Gresik. Seharusnya kompetisi tersebut pastinya mendapat izin PSSI," ungkapnya.

Pria yang juga CEO Klub Sepak Bola U-12 Sakti Crew ini meyakini banyak sertifikat hasil kompetisi yang tidak bertanda tangan cabor. Sehingga, sertifikat yang didapat anak-anak bisa sia-sia karena tak bisa digunakan untuk mendaftar PPDB jalur prestasi.

"Padahal, baik Dispendik maupun KONI dan cabornya jarang menggelar kompetisi," tuturnya.

Ia meminta Dispendik, KONI Kabupaten Gresik, dan cabor untuk duduk bersama mencari solusi persoalan ini.

"KONI dan cabor jajarannya jangan hanya memberikan izin kalau ada masyarakat yang menggelar kompetisi. Tapi juga harus menyamakan presepsi terkait konsep sertifikatnya. Harus menyesuaikan dengan kebutuhan dispendik untuk PPDB," pintanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO