Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri ITS 2024 Dibuka, Berikut Link beserta Tanggalnya

Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri ITS 2024 Dibuka, Berikut Link beserta Tanggalnya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - (ITS) selalu menduduki sepuluh besar universitas terbaik di Indonesia. Tak heran, universitas yang terletak di kota Pahlawan ini selalu menjadi idaman banyak siswa sekolah menengah atas yang akan lulus.

Kali ini, kesempatan untuk menjadi mahasiswa ITS kembali dibuka melalui jalur seleksi mandiri. Peluang ini disampaikan lewat kegiatan sosialisasi jalur mandiri umum dan kemitraan yang digelar secara hybrid di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat ITS, Rabu (29/5).

Acara ini merupakan sosialisasi lanjutan dari jalur mandiri beasiswa yang telah dibuka sejak 23 April lalu. Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Dr. Eng. Unggul Wasiwitono, ST, Meng, Sc, mengatakan, "Jalur seleksi mandiri ini dapat menjadi peluang baru bagi para calon mahasiswa sembari menunggu hasil pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)".

Unggul menjelaskan terkait mekanisme, ketentuan, dan skema baru dalam seleksi mandiri ITS. Terdapat beberapa perbedaan mendasar dari ketentuan seleksi mandiri umum dan juga seleksi mandiri kemitraan yang harus diperhatikan bagi para pendaftar.

"Ada dua skema jalur mandiri, yaitu yang ditujukan untuk masyarakat umum dan dari rekomendasi instansi mitra ITS," terang Unggul.

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut menambahkan bahwa pendaftar seleksi mandiri kemitraan harus merupakan utusan atau rekomendasi mitra yang memiliki nota kesepahaman dengan ITS.

Namun tak perlu khawatir, terdapat seleksi mandiri umum yang dapat diikuti oleh semua calon mahasiswa dari kalangan masyarakat umum.

"Kedua jenis seleksi ini dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024," ujarnya.

Untuk mekanisme seleksi, para pendaftar jalur mandiri umum maupun kemitraan dapat memilih antara dua skema yang ditawarkan. Skema tersebut terbagi menjadi seleksi nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan tes kompetensi akademik (TKA) ITS yang pusat tesnya juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Skema UTBK diperuntukkan bagi peserta yang memiliki nilai tes UTBK di tahun 2024 ini, sedangkan yang lainnya bisa mengikuti skema TKA ITS," kata Unggul.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO