Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H, Khofifah Berpesan untuk Perkuat Solidaritas Kemanusiaan

Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H, Khofifah Berpesan untuk Perkuat Solidaritas Kemanusiaan

BANGSAONLINE.com - Indar Parawansa mengajak umat Muslim untuk memaknai Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M.

Menurutnya, adalah momentum untuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik, tidak hanya sebagai individu tapi juga sebagai makhluk sosial. 

Baca Juga: Para Waranggono di Tiga Kabupaten Jatim Utara Deklarasi Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Termasuk memperkuat solidaritas kemanusiaan serta persaudaraan antar manusia serta persaudaraan sesama Muslim di seluruh dunia.

Tahun baru Islam sendiri merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. 

Peristiwa ini tidak hanya menjadi awal kalender Hijriah, tetapi juga melambangkan awal dari sebuah perjuangan yang mengubah arah sejarah Islam.

Baca Juga: Komunitas Perempuan Relawan ‘Prokem’ Deklarasi Menangkan Khofifah-Emil

"Ini adalah momentum untuk melakukan refleksi diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan meningkatkan kinerja dan produktifitas . Termasuk komitmen untuk meningkatkan hubungan dengan Allah SWT serta dengan sesama manusia," kata di Surabaya, Selasa (9/7/2024).

mengatakan, ke depan tantangan zaman akan semakin kompleks. Baik di sektor ekonomi, kesehatan, lingkungan, sampai lunturnya nilai-nilai sosial, moral, dan budaya.

Untuk itu, Tahun baru Islam menjadi momentum untuk memperkuat hubungan dengan sesama Muslim dan masyarakat lebih luas. 

Baca Juga: Disambut Doa, Khofifah Ajak Santri Ponpes Al Anwar Bangkalan untuk Tempuh Pendidikan yang Tinggi

Termasuk meningkatkan solidaritas, kepedulian, dan berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat.

Tidak hanya itu, Tahun baru Islam juga merupakan kesempatan untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan di seluruh dunia. Termasuk solidaritas untuk warga Palestina.

"Perayaan ini juga dapat menjadi momen untuk menggalang semangat persaudaraan, saling membantu dalam kebaikan, serta mempererat tali silaturahmi antar sesama ," ujarnya.

Baca Juga: Ikhtiar Menangkan Khofifah-Emil, DPW PKS Jatim Konsolidasikan Kader

Di akhir, juga mengajak masyarakat untuk merayakan dengan memperbaiki akhlak, meningkatkan ibadah, dan mengamalkan nilai-nilai Islam yang penuh moderasi, toleransi, keadilan serta amar ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.

"Momentum Tahun Baru Islam harus menjadi momen penuh kebaikan. Bagaimana kita hijrah menjadi pribadi lebih baik, lebih produktif, lebih berintegritas, saling membantu sesama, serta makin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT," pungkasnya. (dev/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO