Tingkatkan Pengawasan Partisipasif Pemilih Pemula, Bawaslu Kota Kediri Ajak Dialog Mahasiswa

Tingkatkan Pengawasan Partisipasif Pemilih Pemula, Bawaslu Kota Kediri Ajak Dialog Mahasiswa Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudi Agung Nugraha saat memberi sambutan. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna meningkatkan pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula pada Pilkada 27 November mendatang, mengundang perwakilan mahasiswa dari 6 universitas untuk mengikuti dialog interaktif.

Acara itu diselenggarakan di audiorium perpustakaan , Sabtu (28/9/2024).

Baca Juga: Jelang Pilkada 2024: Bawaslu Kota Kediri Pastikan Netralitas ASN, TNI dan Polri

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Kediri, Tanto Wijohari, sebagai salah satu narasumber pada kegiatan tersebut, mengatakan bahwa pemilih pemula memiliki peran yang penting dalam Pilkada.

Sebagai generasi muda yang melek teknologi, ujar Tanto, pemilih pemula harus bisa menjadi pengawas pemilu yang bijak dan cerdas, dengan cara tidak mudah termakan hoax, SARA, ujaran kebencian, dan kampanye hitam, terutama di media sosial dan lingkungan sekitar.

"Sebagai gen Z para mahasiswa harus bisa menguasai media sosial dengan positif, supaya bisa terwujud Pilkada yang berintegritas sehingga dapat terpilih pimpinan yang kredibel," ungkapnya.

Baca Juga: Makna Nomor Urut 1 Bagi Vinanda - Gus Qowim: Kekuatan dan Persatuan

Tanto menegaskan pada para mahasiswa untuk bisa menjadi pengawas partisipatif di lingkungan sekitar menjelang Pilkada.

"Jika menemui pelanggaran, kalian bisa melaporkan ke Bawaslu. Karena Bawaslu itu bekerja berdasarkan temuan dan laporan dari masyarakat. Jadi jangan takut untuk melapor," ungkapnya.

Sementara Ketua , Yudi Agung Nugraha, berharap para generasi muda bisa memahami apa yang akan diperbuat ketika pemilu dan pilkada datang.

Baca Juga: Sosialisasi Tahapan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Kota Kediri Gelar Jalan Sehat

"Pilih pemimpin yang berintegritas, bersih, dan membawa Kota Kediri serta Bangsa Indonesia dengan lebih baik ke depan," ungkapnya.

Yudi juga berpesan kepada mahasiswa untuk tidak ragu ketika ada potensi atau dugaan pelanggaran untuk melakukan pencegahan.

"Kalau kalian belum berani dan belum tahu situasinya bagaimana, kalian bisa berdiskusi ke petugas Bawaslu yang namanya pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dan panitia pengawas lapangan (PPL) atau pengawas desa atau kelurahan (PKD)," ungkapnya.

Baca Juga: Terjunkan 18 Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 8, Pemkot Kediri Harapkan Pembelajaran Inovatif

Terakhir Yudi mengajak seluruh mahasiswa yang hadir untuk mau ikut melakukan pengawasan untuk menjaga kedamaian, menjaga kondusivitas Kota Kediri, yang bisa dimulai dari lingkungan masing-masing. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO