Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Sekdakot Kediri saat menyambut kedatangan kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah singgah di beberapa kota, iring-iringan kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya tiba di Kota Kediri, Rabu (2/10/2024). Datang dari Nganjuk, prosesi penyambutan Kirab Pataka dilakukan dengan menggelar apel serah terima yang berlangsung di Halaman Balai Kota Kediri.

Prosesi diawali dengan penyerahan lambang Jer Basuki Mawa Beya dari Kepala Satpol PP Nganjuk kepada Sekdakot Kediri, Bagus Alit, yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kota Kediri. Selain itu dilakukan pula penyerahan Lambang Satuan Polisi Pamong Praja Wibawa, Lambang Satuan Perlindungan Masyarakat dan Lambang Pemadam Kebakaran Yudha Brama Jaya.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Jatim Fest 2024 Jadi Katalisator Pertumbuhan UMKM

Selesai penyerahan, Bagus membacakan Ribka Prasasti dihadapan para peserta apel yang terdiri dari Polres Kediri Kota, Bawaslu, KPU, Satpol PP, Tagana, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan dan BPBD.

Kepala Satpol PP Kota Kediri, Samsul Bahri, mengatakan kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-79 Jawa Timur yang jatuh pada Tanggal 12 Oktober 2024 mendatang.

“Dengan kirab ini, masyarakat sekaligus bisa mengenal Jer Basuki Mawa Beya yang merupakan lambang kebanggaan Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

Selaras dengan tema 'Sigap Pilkada Damai Jawa Timur Tahun 2024' yang diusung pada peringatan HUT Jawa Timur tahun ini, Samsul melanjutkan kirab Pataka semakin istimewa karena digelar bertepatan dengan rangkaian Pilkada. Sehingga menurut Samsul, momentum ini bisa menjadi sarana pemerintah dalam menyerukan Pilkada Damai.

“Dengan Kirab Pataka ini diharapkan jajaran terkait bisa bersinergi untuk menciptakan Pilkada yang aman, damai, sukses dan tidak ada halangan apapun di Jawa Timur umumnya dan khususnya di Kota Kediri,” katanya.

Acara apel serah terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dihadiri pula oleh perwakilan Forkopimda dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya direncanakan akan berlangsung selama 19 hari untuk menuju ke 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Setelah Kota Kediri, Kirab Pataka akan meneruskan perjalanan menuju Kabupaten Kediri. Pataka dibawa oleh tim kirab yang terdiri dari Satpol PP, Satlinmas, BPBD, Dishub, Damkar, TNI/Polri dan instansi terkait lainnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO