Kunjungi Pasar di Surabaya dan Beri Cek Kesehatan Gratis, Khofifah Tunjukkan Upaya 'Problem Solver'

Kunjungi Pasar di Surabaya dan Beri Cek Kesehatan Gratis, Khofifah Tunjukkan Upaya Khofifah saat menyapa pedagang pasar. Foto: Devi Fitri Afriyanti/BANGSAONLINE

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Indar Parawansa, mengunjungi pasar Kapasan dan pasar Pabeancantikan Surabaya Jumat (11/10/2024) pagi.

Kunjungan Cagub nomor 02 di ke pasar-pasar tradisional di berbagai daerah, dianggap sebagai semangat pagi bagi dirinya.

Baca Juga: Khofifah Nyatakan Siap Tampil Prima di Debat Perdana Pilgub Jatim

Ia disambut meriah para pedagang dan pengunjung pasar. Keramaian semakin komplit dengan adanya grup musik yang mengiringi kunjungan tersebut.

"Bagi saya pasar adalah penyemangat, setiap kepasar ketemu pedagang, penjual maupun pembeli selalu banyak doa. Jadi kalau semangat pagi itu semangat di pasar," terang .

Dari apa yang didapat saat berdialog dengan para pedagang, memberikan dukungan dukungan pasar tradisional agar harus dijaga dan dilindungi.

Baca Juga: Sambut World Mental Health Day, Khofifah Ajak Tingkatkan Empati dan Peduli pada Orang Lain

“Kalau infrastruktur kurang maksimal ya di sempurnakan, sehingga yang menjadi kebutuhan terutama di Surabaya. Digital ekosistem harus sudah masuk di pasar tradisional,” tandasnya.

Dari kunjungannya, mengaku mendapat sejumlah keluhan dari pedang pasar. Salah satunya sepinya pembeli

"Buk agak sepi, agak sepi, saya rasa ini realitas hari ini, dimana mereka harus berkompetisi dengan pasar digital," terang .

Baca Juga: Khofifah Kembali Dinobatkan sebagai 500 Muslim Berpengaruh Dunia 2025

Menurut perlu adanya edukasi dan literasi digital kepada pedagang tradisional. Misalnya, memberi kemudahan akses kepada pembeli untuk mengetahui harga dan membeli dagangan yang ada di pasar, seperti daging, ayam, sembako, sayur atau bumbu-bumbu.

"Pada posisi penjualan digital berarti produknya memang harus lebih berkualitas, tempat dagangan harus lebih higenis, itu sesuatu yang harus disiapkan oleh kita semua. Terutama nanti, usai pilkada serentak siapa yang terpilih disni. Agar bisa menguatkan pasar pasar tradisional," terangnya.

Baca Juga: Dendangkan Sekuntum Mawar Merah, Khofifah Disambut Ribuan Karyawan Tjiwi Kimia

juga mensosialisasi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar pada 27 November mendatang. Dia meminta supaya masyarakat memanfaatkan kesempatan itu untuk menggunakan hak pilihnya.

Saat keliling menyapa pedagang dan warga ini, banyak mendapatkan doa. Termasuk agar dilinya kembali memimpin Jawa Timur.

Tak hanya itu, kunjungan juga membawa tim medis yang memberikan pemeriksaan kesehatan gratis pada warga.

Baca Juga: Di Kantor Bupati, Sekda Gresik Sambut Kirab Bendera Pataka HUT Provinsi Jatim ke-79

Mulai dari pengecekan tensi tekanan darah hingga pengecekan kolesterol, kadar gula darah hingga asam urat.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini mendapat tanggapan positif dengan banyaknya warga yang memanfaatkan kesempatan tersebut.

Dia juga mengatakan, adanya pemeriksaan kesehatan gratis dalam kunjungan tersebut sebagai layanan pada masyarakat. Layanan kesehatan itu menjadi bagian dari penyelesai masalah.

Baca Juga: Habib Syech Puji Khofifah saat Sholawatan Bersama Santri PP Darussalam Mekar Agung Madiun

"Ini sebenarnya paket, dulu di pasar Wonokromo ada, kemarin malam di pasar keputran juga ada. Jadi itu paket ke lapangan," terangnya.

melihat masalah yang ada harus dicari tahu penyebab pastinya untuk mengetahui solusi yang sesuai. Hal itu yang ia maksud sebagai problem solver. Seperti masalah kesehatan

"Waduh saya gringginge jangan -jangan asam urat ternyata enggak. Jangan - jangan kolesterol dicek tenyata bagus," ungkap .

Baca Juga: DPW PKS Jatim Wajibkan Kader Sapa Masyarakat dan Kampanyekan Khofifah-Emil

"Ditanya kenapa bu? Ternyata banyak pikiran, dan seterusnya, hal-hal seperti itu. Menurut saya itu di dialogkan coba di cari solusinya bersama, karena kalau ada layanan kesehatan, itu menjadi part of problem solver ya bagaimana kita menjadi bagian dari penyelesai masalah," pungkasnya (dev/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO